SMK Negeri 1 Panji Situbondo

Prestasi Kebahasaan SMK NEGRI 1 PANJI Telah Harum Berungkali


SMK Negeri 1 Panji Situbondo,

Olimpiade Bahasa Indonesia telah sampai di Babak Final. Siswa yang mewakili SMKN 1 Panji berjumlah 2 siswa atas nama Maulidatul Hasana dan Sakinah Melati Shaleha.

Pada Minggu {15/09/2019} kemarin, mereka kembali mengikuti babak final di Aula Lantai 3 Gedung Mas Soerachman Universitas Negeri Jember yang dimulai pukul 07.00 WIB. Dalam babak ini, mereka wajib membacakan sebuah cerita dimana naskah cerita telah disediakan oleh panitia.

Adapun Judul dari cerita yang telah disediakan yaitu Ibu yang Anaknya Diculik Karya Seno Gumira, Mencari Amir Karya WS. Rendra, Shalawat Dedaunan karya Yanusa Nugroho, Selaksa Clurit Menggantung di Sebalik Dinding Karya Mahwi Air Tawar, dan Perihal Orang Miskin yang Bahagia Karya Agus Noor.

Sebelum tampil diatas panggung, mereka telah mendapatkan urutan penampilan. Urutan penampilan tersebut ditentukan berdasarkan hasil undian saat Technical Meeting pada Sabtu {14/09/2019} kemarin. Mereka wajib hadir di ruang perlombaan 15 menit sebelum nama peserta dipanggil. Apabila peserta dipanggil hingga 3 kali lamanya, maka wajib tampil di urutan terakhir.

Dalam bercerita, disediakan 2 sesi, yaitu Sesi Pertama pada Pukul 08.30 WIB s/d 12.00 WIB. Untuk Sesi Kedua pada Pukul 12.45 s/d 16.00. Durasi dalam bercerita maksimal 15 menit terhitung dari persiapan peserta.

Selain itu, ada 3 perintah yang harus dilakukan, yaitu Pertama Lampu Hijau (Tanda Mulai) dinyalakan pada saat peserta memasuki panggung. 13 menit kemudian, Lampu Kuning akan menyala. Apabila waktu telah sampai 15 menit, maka waktu dinyatakan habis dan akan ada penanda berupa Lampu Merah yang akan menyala.

Babak ini melibatkan 3 orang Dewan Juri dimana keputusan mereka tidak dapat diganggu gugat atau Permanen. Mereka akan menilai 12 aspek inti, diantaranya Penghayatan, Pemahaman Cerita, Penokohan, Pengucapan, Kejelasan Lafal, Ketepatan Intonasi, Penampilan Ilustri (Musik), Keberanian dan Ketenangan, Kesesuaian Mimik dan Gestur, Penguasaan Panggung, Kesesuaian isi cerita, dan Keruntutan Alur. Dewan juri diberi waktu maksimal 5 menit sebelun pengumuman pemenang untuk mengevaluasinya.

Setelah melewati babak, akhirnya siswa yang bernama Maulidatul Hasana dari Kelas 12 PKM menjadi juara Harapan Kedua dalam Olimpiade Bahasa Indonesia SeJawaTimur-Bali. Ia telah membawa Nama Baik Sekolah ke Ajang Bergengsi ini.

Hal ini dapat menjadi contoh bagi seluruh Siswa SMKN 1 Panji bahwasanya selagi masih ada kesempatan untuk mengikuti lomba, Mengapa Tidak???

 


1 Komentar

  1. Bang Aryo
    Bang Aryo
    16 September 2019 - 17:48:56 WIB

    Siiip...lanjutkan...


Tulis Komentar