SMK Negeri 1 Panji Situbondo

Tunjukan Kemampuan Para Milenial dengan Acara Milenial Tourism


SMK Negeri 1 Panji Situbondo, 

Millennial Tourism Expo {Expo Pariwisata Millenial} adalah suatu acara yang baru pertama kali diadakan di Provinsi Jawa Timur. Acara ini bertempat di Dyandra Convention Hall Surabaya Pada 24 - 26 September 2019 dengan pihak penyelenggara dan Panitia yaitu Kepala SMK Pariwisata di Jawa Timur. Uniknya lagi, Bapak Suprihartono selaku Kepala SMKN 1 Panji menjadi Penanggung Jawab atau Koordinator dalam acara bergengsi ini. Untuk kegiatan pada tanggal 24 September, yaitu Gladi Bersih. Kegiatan pada tanggal 25 dan 26 September yaitu pembukaan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansah yang dipantau langsung oleh Bapak PLT Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur dan Pemantauan terhadap skill pada setiap Stand - stand oleh Wakil Gubernur, Emil Dardak.

Acara yang bertujuan untuk mewujudkan sekolah Pariwisata agar nantinya dapat dikenal oleh seluruh Dudi diluar sana. Hal ini mendapatkan respon positif dari Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansah dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. Selain itu, untuk menunjukkan dan mendemonstrasikan keahlian yang dimiliki oleh Siswa - siswi di SMK Pariwisata secara nyata dan konkrit sehingga dapat terjun langsung ke Masyarakat Industri Pariwisata.

Acara ini diikuti oleh 68 (enam puluh delapan) perwakilan Industri yang menjadi Bayern dan 139 (Seratus Tiga Puluh Sembilan) Industri Pariwisata untuk menyaksikan skill expose pada acara ini. SMKN 1 Panji juga ikut berpartisipasi dalam acara ini. Siswa perwakilan SMKN 1 Panji atas nama Denanda Faradina Putri dari Kelas XII AP 1 dan Naufal Putra Sang Fajar dari Kelas XII AP 2.

Dari perwakilan siswa tersebut, mereka berkecimpung di bidang Desa Wisata dan Table Mart. Untuk Desa Wisata sendiri yang dipilih yaitu Desa Wisata Kampung Blekok dimana tempat tersebut memerlukan dukungan sehingga dibentuklah kerja sama dengan mempromosikan kepada khalayak umum, membina panganan disana, dan ikut serta mengikuti pagelaran seni disana. Selain Kampung Blekok yang dipromosikan, ada juga Hotel SMKN 1 Panji bernama Ed Hotel Lotus yang didalamnya memberikan fasilitas dan kenyamanan sendiri bagi pengunjung yang datang.

Siswa - siswi perwakilan tersebut dibimbing dan didampingi langsung oleh Ibu Siti Juwariyah dan Ibu Fitri. Beliau mendatangkan langsung 2 (dua) ekor Burung Blekok sebagai Simbol dalam Desa Wisata Kampung Blekok. Sebelum membawanya, beliau harus mengurusi surat izin selama 1 (satu) minggu. Pak Lukman dari Dinas Lingkungan Hidup juga ikut membantu dalam pembawaan Burung Blekok ini. Selain Ibu Fitri dan Ibu Ria, ada pula Guru pendukung yaitu Bapak Herman, Bapak Jonathan, Bapak Puput, Bapak Anton, Bapak Karim, dan Bapak Tedy. Mereka berupaya agar nantinya siswa dapat mempersiapkan Secara Baik dan Matang.

"Harapan saya adalah agar kegiatan ini terus ada dan tetap diselenggarakan. Selain itu, saya ingin anak - anaknya semakin banyak yang dieksplor ke luar agar nantinya semakin terkenal", harapan Ibu Ria kepada siswanya.


0 Komentar

Tulis Komentar