SMK Negeri 1 Panji Situbondo

MENJADIKAN SUMBER DAYA UNGGUL, SMK NEGERI 1 PANJI ADAKAN PELATIHAN GURU UNTUK UJIAN 4.0 SISWA


SMK Negeri 1 Panji Situbondo, 

"Mendukung Pemerintah di dalam Revolusi Industri 4.0 terkait dengan Pembelajaran". Mungkin hal ini yang membuat Bapak Kepala SMKN 1 Panji, Suprihartono, S.Pd. MM melaksanakan sebuah program kegiatan yaitu Pelatihan Google Form berbasis Digital. Kegiatan yang diselenggarakan sejak 01 Oktober 2019 s/d 03 Oktober 2019 ini diikuti oleh seluruh Bapak dan Ibu Guru SMKN 1 Panji tanpa terkecuali. Mereka mengikuti kegiatan ini dengan maksud agar nantinya mereka memiliki skill atau keterampilan dalam pembuatan soal berbasis digital sehingga nantinya tidak perlu repot - repot membuat soal secara manual di kertas. Dalam kegiatan ini, guru yang terbentuk dalam IT Sekolah menjadi instruktur atau pembimbing.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lab Simdig 1 dan Lab Simdig 2 ini berlangsung dengan lancar. Adapun waktu pelaksanaannya yaitu setelah PTS usai, sekitar pukul 11.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB. Tujuannya yaitu agar tidak mengganggu jalannya PTS, baik siswanya maupun fasilitas sekolah lainnya. Namun ada beberapa bapak dan ibu guru yang belum menguasai sehingga dibutuhkan penanganan khusus dan pelatihan khusus agar nantinya mereka dapat mengikuti perkembangan digital.

Sebelum melaksanakan kegiatan ini, Bapak Puji Santoso selaku Korbid SDM meminta persetujuan Bapak Kepala SMKN 1 Panji. Setelah kegiatan ini disetujui, selanjutnya yaitu menginformasikan kepada bapak dan ibu guru untuk dapat mempraktekkannya langsung. Menurut Bapak Puji, pencanangan ujian berbasis digital ini harus melewati beberapa proses, diantaranya yaitu kajian - kajian tentang Sarana dan Prasarana yang harus dipersiapkan oleh siswa maupun sekolah. Internet yang persebarannya sangat luas dan Hp Android merupakan tokoh utama yang harus dipersiapkan.

"Untuk mendukung dan mewujudkan visi dari Presiden Indonesia, yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju maka diharapkan kepada SDM di SMKN 1 Panji agar dapat menguasai dunia digital karena sekarang sudah memasuki era digital. Dan saya berharap agar SDM di Indonesia, terutama SMKN 1 Panji akan lebih maju", harapan Bapak Puji Santoso.


0 Komentar

Tulis Komentar