SMK Negeri 1 Panji Situbondo

Tingkatkan Prestasi melalui Budaya Negeri


Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan hari yang bersejarah bagi perkembangan pendidikan di era millenial saat ini. Bertepatan dengan hal tersebut, pada kamis tanggal 02 Mei 2019, SMKN 1 PANJI mengadakan Upacara untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Upacara tersebut diikuti oleh seluruh siswa dan guru SMKN 1 PANJI yang dilaksanakan di halaman depan sekolah. Pada pertengahan upacara, bapak Suprihartono selaku kepala sekolah SMKN 1 PANJI menyampaikan isi pidato dari KEMENDIKBUD.

Berikutnya, dilanjutkan dengan acara " The Ronjengan Festival " yang diselenggarakan oleh ibu-ibu Dharma Wanita SMKN 1 PANJI yang mengusung tema "Wanita Millenial yang Berbudaya". Acara ini bertujuan untuk mengenalkan budaya yang hampir punah kepada generasi millenial saat ini. Secara khusus, untuk melatih kerja sama agar tercipta ketukan irama yang serasi dan indah saat bermain lesung.

Pada pembukaan acara, Ibu Novi selaku MC membuka acara dengan pembacaan Basmalah. Setelah itu, para hadirin dipandu untuk berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Usai menyanyi, dilanjutkan membaca doa yang dipimpin salah satu guru wanita SMKN 1 PANJI. Memasuki acara inti, peserta yabg mengikuti acara Ronjengan ini mulai menunjukkan aksinya. Yang mengikutinya meliputi enam kelompok dari siswa, dua kelompok dari Dharma Wanita SMKN 1 PANJI, dan ibu-ibu dari desa Cangkring, Prajekan, Bondowoso. Selain menunjukkan aksinya bermain lesung, juga dikolaborasikan dengan fashion show dan tari. Mereka semua menampilkan aksinya dengan semangat. Terkhusus untuk ibu-ibu dari desa Cangkring, mereka menampilkan aksinya bermain lesung dengan judul Sokma Eelang dan Celeng Moghug. Tampilan dari mereka membuat penonton terpukau dan takjub. Sementara, penilaian untuk peserta dilakukan oleh tiga orang juri diantaranya Bapak Tutun, Bapak Pri (ketua kesenian Situbondo), dan Bapak Agung (Pengiat seni dan budaya). Pada akhir acara, mereka mengumumkan pemenangnya. Pemenang terbaik pertama diraih oleh kelompok 7, pemenang terbaik kedua diraih oleh kelompok 2, dan pemenang terbaik ketiga diraih oleh kelompok 6. Pemenang tersebut dari siswi SMKN 1 PANJI yang ikut serta memeriahkan acara ini. Sedangkan dari Dharma Wanita sendiri, pemenang terbaik pertama diraih oleh kelompok yang diketuai Ibu Yudha dan pemenang terbaik kedua diraih kelompok yang diketuai oleh Ibu Martha.

Melalui acara ini, kita dapat meningkatkan kualitas diri dalam mengembangkan pendidikan dan teknologi saat ini. Juga melestarikan budaya Indonesia yang beragam agar budaya tersebut tidak purna supaya anak dan cucu kita kelak juga dapat merasakan budaya yang beragam ini. (Ridwan, Amin, Josi)


0 Komentar

Tulis Komentar