SMK Negeri 1 Panji Situbondo

PUBG (PRAMUKA UNGGUL BERKARAKTER GAUL)


SMK Negeri 1 Panji Situbondo,

Pada hari Jumat tanggal 19 Juli 2019, SMKN 1 PANJI mengadakan acara Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari jumat dan sabtu, sehingga juga bisa disebut Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa). Penyelenggara acara ini yaitu Ambalan Panji Satria Wibawa yang bekerja sama dengan Osis Skansaji, PMR, Rohis, dan ekstra yg lain demi menyukseskan PTA Tahun 2019. Acara ini dimulai pukul 14.00 WIB yang secara langsung dibuka oleh Kepala Sekolah SMKN 1 PANJI Sebagai Ketua Mabigus Gugus Depan 07.003-07.004 SMKN 1 PANJI.
Setelah Upacara Pembukaan, dilanjut dengan beberapa kegiatan seperti Penampilan, Upacara Api Unggun, Pentas Seni, Lomba, Outbond, dan masih banyak lagi yang lainnya. Penampilan dilaksanakan setelah upacara pembukaan, penampilan ini dari Ambalan Panji Satria Wibawa dengan tema penampilan yaitu PUBG ( Pramuka Unggul Berkarakter Gaul ). Penampilan yang disuguhkan oleh Ambalan sendiri merupakan sebuah kolaborasi antara Koloni Tongkat dengan Parade Simaphore. Penampilan ini dikhususkan untuk membuat tamu ambalan tertarik. Setelah itu, peserta diarahkan untuk istirahat agar dapat mengikuti kegiatan selanjutnya.
Kegiatan selanjutnya adalah Upacara Api Unggun. Upacara Api Unggun memang tak lepas dari sebuah perkemahan. Upacara ini dilakukan dengan pembacaan Dasa Dharma oleh petugas Dasa Dharma yang kemudian menyalakan api unggun. Pembina dari upacara ini adalah kak Muchlis yang merupakan pembina ambalan Panji Satria Wibawa. Setelah upacara Api Unggun selesai, dilanjutkan dengan Pentas Seni. Pembawa acara yaitu kak Gilang dan kak Sherly yang merupakan panitia PTA 2019 langsung membuka kegiatan pentas seni. Sebagai pembuka, band dari SMKN 1 PANJI ikut memeriahkan kegiatan dengan menampilkan sebuah penampilan yang spektakuler. Selain itu, setiap kelompok dari peserta diwajibkan untuk menampilkan sesuatu yang menarik untuk memeriahkan kegiatan pentas seni. Setelah semua kelompok usai menampilkan sebuah penampilan, terdapat penampilan khusus yaitu menyanyi bersama dari Osis Skansaji dan kak Farin selaku pembina ambalan Panji Satria Wibawa. Setelah pentas seni selesai, peserta langsung diarahkan untuk istirahat.
Keesokan harinya, dilanjut dengan kegiatan siraman rohani, senam pagi, sarapan, outbond, PBB, materi, lomba, dan upacara penutupan. Siraman rohani dilaksanakan pada saat waktu Subuh tiba, peserta diarahkan untuk sholat subuh berjamaah untuk yang beragama Islam. Selanjutnya adalah senam pagi. Senam pagi dikomando oleh panitia, senamnya antara lain senam pinguin, gemufamire, Messenger Of Pieces (MOP), kewer-kewer, dll. Setelah senam peserta langsung sarapan pagi yang langsung dikoordinir oleh Osis Skansaji. Selanjutnya peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai warna pita yang dikenakan untuk mengikuti outbond, PBB, materi, dan lomba. Berbagai permainan outbond seperti lempar tangkap, transfer air, dan tarik tambang dimainkan oleh peserta. Yang memimpin outbond sendiri adalah kak Firman selaku pembina ambalan Panji Satria Wibawa. Untuk yang kebagian PBB, peserta melakukan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang langsung dikomando oleh kak Muchlis selaku pembina ambalan Panji Satria Wibawa. Di bagian materi, dikomando oleh kak Farin dan kak Ami selaku Pradana Panji Satria Wibawa beserta kawan-kawannya. Materi yang dipilih yaitu materi simaphore. Peserta diberi penjelasan mengenai simaphore dan mencoba mempraktekkannya di depan. Selanjutnya lomba, lombanya yaitu lomba mendaur ulang barang bekas. Peserta lomba harus membuat sebuah inovasi dari barang bekas. Juri lomba ini adalah kak Iche selaku pembina ambalan Panji Satria Wibawa. Setelah semua rangkaian acara selesai, dilanjut dengan upacara penutupan. Upacara penutupan dilaksanakan setelah peserta selesai melakukan operasi semut yaitu membersihkan sampah di area sekolah. Pak Wahyu yang merupakan salah satu guru SMKN 1 PANJI menutup acara ini dalam upacara penutupan.
Dengan diadakannya acara ini, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas siswa, meningkatkan kedisiplinan, menambah wawasan, dan masih banyak manfaat lain yang dapat dipetik dari acara ini. Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun 2019 SMKN 1 PANJI lancar dan sukses.

 


1 Komentar

  1. Muhaimin
    Muhaimin
    21 Juli 2019 - 11:21:06 WIB

    Good Job kakak... Aye.. Aye...


Tulis Komentar