SMK Negeri 1 Panji Situbondo

Peringatan Hari Pramuka ke-58 Kabupaten Situbondo


SMK Negeri 1 Panji Situbondo,

Kabupaten Situbondo mengadakan Apel Besar Hari Pramuka Ke-58 pada tanggal 23 Agustus 2019 yang bertempat di Alun-Alun Situbondo. Acara ini dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB. Acara ini diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Situbondo. Kwarcab Situbondo bekerja sama dengan beberapa Sekolah yang ada di Situbondo untuk menyukseskan Apel Besar Hari Pramuka Ke-58. Salah satu sekolah yang ikut serta dalam acara ini adalah SMKN 1 PANJI.

Pada saat Apel sedang berlangsung, Bapak Ir. H. Yoyok Mulyadi selaku Ka Kwarcab Situbondo menyampaikan pidatonya yang merupakan isi pidato dari Ka Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia. Dalam rangkaian Apel Besar ini berjalan dengan lancar dan meriah dengan adanya acara tambahan yaitu penyematan dan penampilan kolosal. Penyematan ini dikhususkan bagi pengabdi Kwarcab selama 5 tahun dan kelipatannya.

SMKN 1 PANJI ikut serta dalam Apel Besar Hari Pramuka Ke-58 dengan ikut menampilkan penampilan kolosal dan mengirimkan perwakilan untuk menjadi petugas pembaca Dasa Dharma pada Apel Besar ini. Penampilan dari SMKN 1 PANJI dipersembahkan oleh Ambalan Panji Satria Wibawa, yang merupakan ambalan SMKN 1 PANJI. Ambalan Panji Satria Wibawa menampilkan tarian kreasi simaphore dan parade simaphore.
Untuk tarian kreasi simaphore ini, ambalan Panji Satria Wibawa mempersembahkan berbagai tarian modern dan tradisional yang dikolaborasikan dengan permainan bendera simaphore. Sedangkan pada parade simaphore, ambalan Panji Satria Wibawa mempersembahkan flashmob yang berinovasi dengan permainan bendera simaphore.

Selain itu, ada penampilan koreo Mars Jayalah Pramuka dan pembacaan puisi oleh Kak Istighfarin selaku pembina ambalan Panji Satria Wibawa. Kwarcab Situbondo juga mengundang perwakilan pramuka dari Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, dan pramuka China. Tamu undangan yang spesial tersebut mengenakan baju adat dari daerah masing" untuk memperkenalkan bagaimana budaya mereka.

Dengan begitu, acara Apel Besar Hari Pramuka Ke-58 dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan. Walaupun berbeda-beda kita tetap satu. Dari itu, kita dapat juga menumbuhkan rasa persaudaraan yang kuat demi mempertahankan keutuhan NKRI.

 


0 Komentar

Tulis Komentar