Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Menjadi Ujian Kompetensi Bagi Beberapa Jurusan di SMKN 1 Panji

LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) ialah salah satu ujian yang hampir sama dengan UKK (Uji Kompetensi Keahlian), namun memiliki kebedaan pada bentuk penilaiannya dimana LSP ini lebih mengutamakan Nilai Kompetensi daripada Nilai berupa angka. BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) merupakan lembaga nasional yang mengesahkan sertifikat kepada peserta LSP.

SMKN 1 PANJI juga menyelenggarakan LSP ini. Tercatat ada 4 (empat) kompetensi keahlian yang mengikuti LSP tersebut, diantaranya OTKP, AKL, APH, dan TBg. Kompetensi keahlian OTKP (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran) menyelenggarakan LSP tersebut dimulai dari tanggal 5 April s/d 23 April 2021. TUK (Tempat Untuk Kerja) untuk OTKP sendiri yakni hanya membutuhkan 1 ruangan lab. Klaster untuk kompetensi keahlian OTKP adalah pengelolaan dokumen kantor dengan diikuti oleh 99 siswa dimana setiap harinya ada 10 siswa dan 1 asesor. Sebelum LSP ini dilaksanakan, guru produktif melakukan pemantapan dan latihan-latihan agar nantinya LSP dapat berjalan dengan lancar. “Harapannya agar semua siswa OTKP bisa kompeten, bisa mendapatkan kerja sesuai keinginannya masing-masing, dan jika ingin kuliah semoga diterima”, ujar ibu Novi Indriyana Wulandari, S.Pd, M.Pd selaku Kakom OTKP.

Kompetensi keahlian AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga)pun juga menyelenggarakan LSP yang dimulai sejak tanggal 5 April s/d 8 April 2021 dan dilakukan di 3 kelas Akuntansi. Sebelum pelaksanaan LSP, ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh siswa yaitu dengan mengisi data Apl 1 dan Apl 2 melalui Google Form. Selain itu, dilaksanakan pula latihan dan pemantapan materi LSP dengan kondisi yang mirip UKK sebenarnya. Adapun materi yang diujikan pada kompetensi keahlian AKL yakni jurnal, buku besar, dan mengerjakan siklus akuntansi. Sekitar 106 asesi (siswa) dan 3 (tiga) asesor terlibat langsung dalam pelaksanaan LSP ini dengan ketentuan 30 asesi per harinya dan hanya ada 1 asesor yang menangani 10 asesi tersebut. “Siswa dapat mengikuti ujian ini lebih siap dan maksimal lagi agar siswa lulus dan ber-kompeten”, ujar bapak Edy Budiyanto, S.Pd, M.Ak selaku Kakom AKL.

Kompetensi keahlian APH (Akomodasi Perhotelan) juga mengikuti LSP ini yang dimulai dari tanggal 05 April s/d 11 April 2021. TUK (Tempat Untuk Kerja) yang digunakan untuk LSP ini yaitu 2 kamar EdHotel Lotus dengan 3 bentuk ujian diantaranya Ujian Wawancara, Ujian Praktek, dan Ujian Tulis. Selain itu, setiap siswa harus mampu melakukan demonstrasi sesuai klaster yang diujikan. Klaster yang diujikan tersebut adalah Penyiapan Kamar untuk Tamu. Terdapat 3 asesor yang menguji 10 asesi di setiap harinya. Walaupun beberapa kamar di hotel tersebut digunakan untuk ujian, tidak menutup kemungkinan bagi pengunjung dari luar untuk tetap bisa menikmati EdHotel Lotus tersebut. “Saya harap sema siswa bisa kompeten di bidangnya masing masing dan nantinya bisa bekerja di hotel”, ujar ibu Aprilani Tri Kurniawati, S.ST.Par selaku Kakom APH.

Kompetensi keahlian TBg (Tata Boga) juga menyelenggarakan LSP yang dilaksanakan sejak tanggal 5 April s/d 8 April 2021. Sebelum LSP dilaksanakan, pihak guru dan siswa telah mempersiapkan proposal tentang alat dan bahan yang nantinya akan digunakan saat LSP berlangsung. Dalam satu kelas TBg terdapat 35 siswa dimana setiap harinya sebanyak 9 siswa yang akan melaksanakan ujian dengan 1 asesor. Adapun klaster yang diujikan pada kompetensi keahlian TBg yaitu pembuatan Sandwich, Fruit Salad, Hot Soup, dan Chicken Cordon Bleu. Selain makanan, adapun pembuatan dessert yaitu pudding juga diujikan kepada siswa “Saya harap semua siswa dapat menyelesaikan semua skema dan nantinya bisa mendapatkan logo garuda di sertifikat LSP tersebut.” ujar Ibu Nur Diana Kholida, S.Pd selaku Kakom TBg.

Apabila terdapat siswa yang dinyatakan belum kompeten, maka tidak akan mendapatkan sertifikat dan tidak bisa mengulang kembali, terkecuali jika nantinya ada siswa yang sakit atau tidak dapat hadir untuk mengikuti LSP, siswa tersebut dapat mendaftar kembali dan mengikuti LSP susulan.

SMK Negeri 1 Panji, Melaksanakan UKK Bagi Kelas XII Tahun 2021 dengan Protokol Kesehatan

UKK atau Uji Kompetensi Keahlian merupakan salah satu ujian yang diselenggarakan SMK seluruh indonesia. Tujuan utama UKK ini ialah untuk mengukur tingkat kompetensi siswa sesuai bidangnya. Di sisi lain, UKK ini akan menjadi tolak ukur untuk syarat kelulusan seluruh siswa kelas 12. Berkaitan dengan hal tersebut, SMKN 1 PANJI menyelenggarakan UKK ini yang dilaksanakan sejak tanggal 05 April s/d 10 april 2021. Adapun kompetensi keahlian yang menyelenggarakan UKK diantaranya APHP, APHPi, PKM, BDP, TKKr, TBs, DKV, RPL, TKJ, dan MM.

Senin, 05 April 2021 merupakan jadwal UKK untuk kompetensi keahlian APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian). Ujian tersebut dibagi menjadi 2 bentuk yaitu ujian teori dan ujian praktek. Ujian teori meliputi pengetahuan dan sikap siswa, sedangkan ujian praktek seluruh siswa membuat produk berupa roti manis. Ujian praktek tersebut nantinya akan dilaksanakan di RPS pada hari selasa, 06 april 2021 dengan dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pertama dimulai dari absen 01 s/d 18 pada pukul 07.00 WIB s/d 12.00 WIB dan sesi kedua dimulai dari absen 19 s/d 35 pada pukul 13.00 WIB s/d 17.00 WIB. Pihak sekolah telah menyediakan fasilitas kepada siswa berupa alat praktek sebanyak 18 unit dengan ketentuan masing – masing siswa menggunakan satu unit alat. Siswa APHP nantinya akan diuji oleh Nurvi Fuad, S.TP selaku owner Nabila Food Malang. “Berjalan dengan lancar, tidak ada kendala, dan diharapkan tidak berhenti sekedar ujian saja melainkan bisa menjadi bekal kepada siswa untuk bisa berwirausaha dan bekerja di perusahaan”, ujar Ibu Nila Viva Rahman, S.Pi selaku Kakom APHP.

Kompetensi keahlian PKM (Perbankan dan Keuangan Mikro) menyelenggarakan UKK sejak tanggal 1 s/d 6 April 2021 yang dibagi menjadi tiga sesi yakni sesi pertama yaitu UKK internal pada tanggal 1 April 2021. Adapun materi yang diujikan pada sesi pertama adalah praktek manual. Sesi kedua pada tanggal 3 April 2021 yang juga merupakan UKK Internal dengan materi yang diujikan pada sesi kedua adalah praktek komputer akuntansi. Sesi ketiga merupakan UKK Eksternal yang dilaksanakan pada tanggal 6 April 2021 yang dimulai pukul 07.00 WIB sampai selesai. Adapun materinya adalah customer service. Terdapat 3 (tiga) penguji Eksternal untuk kompetensi keahlian PKM yang didatangkan langsung dari Bank Jatim yaitu Bapak Arista, Ibu Evi, dan Ibu Ela. Lab AKL, Lab PKM, dan Meeting Room sedianya menjadi tempat UKK Eksternal PKM ini dengan pembagian yakni PKM 1 dengan siswa nomor absen 1-17 di lab AKL dan nomor absen 18-34 di lab PKM. Sedangkan PKM 2 bertempat di Meeting Room dengan pembagian absen yang sama dan ruangan tersebut dibagi menjadi dua. “Harapan saya dengan adanya UKK ini siswa dapat lulus 100% dan saya ingin menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Bank Jatim dan Bank BNI. Selain itu, saya ingin menjalin kerja sama dengan Bank lain dan bisa mendatangkan perwakilannya sebagai guru tamu”, ujar Ibu Ika Widarini, S.E selaku Kakom PKM.

Kompetensi keahlian TKKr (Tata Kecantikan Kulit dan Rambut) juga melaksanakan UKK pada tanggal 6 s/d 8 April 2021. Terdapat 3 (tiga) materi yang diujikan setiap harinya, yakni pada tanggal 6 April 2021 yaitu perawatan badan secara tradisional, pada tanggal 7 April 2021 yaitu pencucian dan pengeringan rambut, dan pada tanggal 8 April 2021 yaitu tata rias wajah sehari-hari dengan tema malam hari. Karena terdapat keterbatasan alat maka UKK dilaksanakan selama 3 hari. Terdapat 34 siswa yang mengikuti UKK ini, dengan dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama melibatkan 12 siswa, sesi kedua melibatkan 12 siswa, dan sesi ketiga melibatkan 10 siswa. Sebelum UKK terlaksana, guru dan siswa telah melakukan latihan-latihan dan pemantapan materi agar nantinya siswa dapat memahami betul materi ujian. Kompetensi keahlian TKKr mendatangkab penguji eksternal dari Salon Juwita yaitu Ibu Ita Yuli Hartati dengan didampingi penguji internal yaitu Ibu Elin Suviana dan Ibu Rini Fariati selaku guru produktif kompetensi keahlian TKKr. “Harapannya UKK ini bisa berjalan lancar, tidak ada kendala apapun, dan anak-anak dapat mengikuti ujian dengan tertib agar mendapatkan hasil yang memuaskan”, ujar Ibu Nuraini selaku Kakom TKKr.

Kompetensi keahlian APHPi (Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan) melaksanakan UKK pada tanggal 9 s/d 10 April 2021. Ujian tersebut dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pertama dimulai dari absen 01 s/d 18 pada pukul 07.00 WIB s/d 12.00 WIB dan sesi kedua dimulai dari absen 19 s/d 35 pada pukul 13.00 WIB s/d 17.00 WIB. Adapun materi yang diujikan yakni pada tanggal 9 April 2021 adalah pembuatan Surimi dan pada tanggal 10 April 2021 adalah pembuatan Bakso Ikan. Siswa APHPi nantinya akan diuji langsung oleh penguji luar yaitu Bapak Akhmad Munir, S.TP. selaku QC Manager PT PMMP Situbondo. “Harapannya semoga berjalan dengan lancar dan diharapkan tidak berhenti sekedar ujian saja melainkan bisa menjadi bekal kepada siswa untuk bisa berwirausaha dan bekerja di perusahaan dengan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama di sekolah”, ujar Ibu Nila Viva Rahman, S.Pi selaku Kakom APHPi.

Kompetensi keahlian MM (Multimedia) juga melaksanakan UKK pada tanggal 9 s/d 10 April 2021. Materi yang diujikan mulai dari desain grafis, videografi, fotografi, dan animasi. Semua materi tersebut dikemas menjadi satu paket soal yaitu pembuatan film pendek dengan ketentuan durasi selama 5 – 10 menit. Adapun ketentuan film pendek seperti pada proses pembuatan meliputi syuting dilakukan di rumah 80% dan di sekolah 20%. Untuk proses pengeditan dilakukan di lab MM pada saat ujian. Tema film pendek yang diujikan adalah pelestarian budaya lokal. Tercatat ada dua judul yang dominan dibuat yakni tentang permainan tradisional dan kuliner tradisional khususnya di daerah Situbondo. Terdapat dua bentuk ujian yang diujikan yakni ujian tulis dan ujian praktek. Penguji eksternal yang didatangkan untuk kompetensi keahlian MM yaitu Bapak Ronaldo Seda selaku editor dari Kompas TV. “Harapan saya semoga lancar tidak ada masalah dan semoga hasil film pendek dari siswa bagus dan layak di upload ke youtube”, ujar Bapak Darma Aditya Nursalam, ST selaku Kakom MM.

Kompetensi keahlian RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) melaksanakan UKK pada tanggal 10 April 2021 yang bertempat di Lab RPL. Siswa RPL diharuskan membuat sebuah aplikasi sebagai penilaian akhir. Aplikasi tersebut yang nantinya berhubungan dengan SPP yang menggunakan sebuah website. Sebelumnya, siswa RPL melakukan pelatihan selama kurang lebih satu minggu untuk pembuatan aplikasi tersebut yang dimulai pada tanggal 1 s/d 8 April 2021. Pelaksanaan UKK RPL dibagi menjadi dua sesi dengan pembagian sesi pertama 20 siswa dan sesi kedua 16 siswa. Siswa RPL diuji langsung oleh penguji eksternal yaitu bapak Veren Flaurensia Iren dari PT Maulidan Teknologi Kreatif Surabaya. “Harapan saya sebagai kakom RPL yaity siswa nantinya harus memegang label RPL karena orang yang mengenal RPL akan paham siswa RPL dapat membuat apa saja sebagai label pertanggungjawaban mereka sebagai siswa RPL”, ujar bapak Dedy Andriyanto, ST selaku Kakom RPL.

Kompetensi keahlian TKJ (Teknik Komputer Jaringan) melaksanakan UKK pada tanggal 07 April s/d 08 April 2021. UKK yang dimulai pada pukul 07.00 WIB sampai selesai ini dibagi menjadi 36 siswa di setiap harinya yang nantinya akan dibagi menjadi kelompok kerja. Kelompok kerja tersebut terdiri dari 3 siswa/siswi. Masing masing kelompok kerja diberi durasi waktu selama 60 menit untuk menyelesaikan proses prakteknya. Dibutuhkan 2 laboratorium dalam UKK Eksternal TKJ ini, yaitu Laboratorium TKJ 1 untuk ujian praktek dan Laboratorium TKJ 2 untuk ujian teori (tulis dan wawancara). Sebelum UKK eksternal, siswa TKJ telah mengikuti UKK internal yang dilaksanakan pada tanggal 1 april 2021 dengan proses uji kompetensi siswa yang diuji langsung oleh guru pengajar produktif. Dalam UKK eksternal tersebut, siswa TKJ diuji langsung oleh penguji eksternal yaitu bapak Noer Haryono, S.Kom dari PT. Mega Arta Lintas Data. “Sebagai Ketua Kompetensi Keahlian, saya yalin dan percaya bahwa setiap usaha yang sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang maksimal. Semoga kelak alumni TKJ menjadi orang yang sukses dan berguna baik bagi dirinya, keluarga, agama, bangsa, dan negara dan tetap memegang nilai-nilai kebaikan yang telah diajarkan di bangku sekolah”, ujar bapak Moh. Budi Rifa, S.St, M.Pd selaku Kakom TKJ.

Kompetensi keahlian TBs (Tata Busana) melaksanakan UKK pada tanggal 07 April s/d 08 April 2021 yang dimulai pukul 07.00 WIB s/d 15.00 WIB. Ujian tersebut dibagi menjadi 2 sesi, yakni sesi pertama pada tanggal 07 April 2021 yang dimulai dari absen 01 s/d 17 dan sesi kedua pada tanggal 08 April 2021 yang dimulai dari absen 18 s/d 34. Adapun materi yang diujikan yakni Penjahitan Kebaya Modifikasi. Dalam proses UKK eksternal, bentuk penilaiannya hanya proses menjahit, sedangkan proses memotong, obras, dan persiapan alat dan bahan telah disiapkan sejak pelaksanaan UKK internal. “Semoga mereka kompeten dan ilmu yang didapat dapat bermanfaay buat mereka sendiri”, ujar Ibu Dwi Trisye Kurniawati. S, Pd selaku Kakom TBs

Kompetensi keahlian DKV (Desain Komunikasi Visual) menyelenggarakan UKK eksternal pada tanggal 07 April s/d 08 April 2021. Ujian yang dimulai pukul 07.00 WIB dilaksanakan di Laboratorium DKV. Terdapat 2 sesi di setiap harinya dengan ketentuan setiap sesi berjumlah 15 siswa yang dapat mengikuti UKK ini. Pembagian waktu untuk setiap sesi yakni sesi pertama dimulai pada pukul 08.00 WIB s/d 11.00 WIB dan sesi kedua dimulai pada pukul 12.00 WIB s/d 15.00 WIB. UKK eksternal ini diuji langsung oleh Basith Rahmatullah selaku mantan murid SMKN 1 PANJI yang saat ini telah menjadi asesor di Malang Jawa Timur. Sebelum pelaksanaan UKK, ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh siswa diantaranya adalah melatih skill setiap siswa serta melakukan pemantapan materi UKK. Adapun materi yang diujikan pada kompetensi keahlian DKV yakni Desain Publikasi mengenai objek wisata yang terletak di Kabupaten Situbondo. Siswa DKV dapat mengikuti UKK eksternal ini dengan memenuhi persyaratan, salah satunya adalah siswa wajib mengobservasi wisata – wisata yang ada di Kabupaten Situbondo dan melakukan sesi fotography sebagai bahan dalam pembuatan desain. “Harapannya anak anak itu bisa sukses. Sukses dalam artian tidak harus bisa bekerja melainkan sukses karna bisa kuliah”, ujar Bapak Renault August R, S.Sn selaku kakom DKV

Kompetensi keahlian BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran) menyelenggarakan UKK eksternal pada tanggal 07 April s/d 08 April 2021. Ujian yang bertempat di Ruang Vicon ini memiliki 1 sesi di setiap harinya dengan ketentuan setiap sesi berjumlah 33 siswa yang dapat mengikuti UKK tersebut. Durasi yang dibutuhkan setiap sesinya yakni sesi pertama pada tanggal 07 April 2021 dan dimulai pada pukul 08.00 WIB s/d selesai dan sesi kedua pada tanggal 08 April 2021 dan dimulai pada pukul 08.00 WIB s/d selesai. Penguji siswa BDP dalam UKK ini yaitu perwakilan dari Shopie Paris dengan materi yang diujikan pada kompetensi keahlian BDP yakni Bisnis Online. Siswa BDP dapat mengikuti UKK eksternal ini dengan memenuhi persyaratan, salah satunya adalah siswa wajib menyiapkan akun Email dan laporan penjualan bisnis online dalam bentuk portofolio. “Harapan pada siswa untuk kedepannya setelah lulus mereka bisa melanjutkan bisnis onlinenya karena jaman sekarang ini sepertinya bisnis online menjadi kebutuhan masyarakat dimana-mana. Semua kebutuhannya melalui online dan diharapkan siswa bisa melanjutkan dan mengembangkan bisnis onlinenya”, ujar Bapak Joni, S.Pd selaku Kakom BDP.

HOTEL LOTUS SMK Negeri 1 Panji, Terima Penghargaan “BEST TRAINEE”

Senin, 29 Maret 2021, SMKN 1 PANJI menerima penghargaan sebagai Best Trainee yang diserahkan langsung oleh Waringin Hospitality (WH) Group. Waringin Hospitality (WH) Group merupakan salah satu Kelompok Bisnis Hotel yang memiliki 24 unit hotel dimana hotel tersebut telah tersebar di berbagi kota besar seluruh Indonesia.

Penyerahan Penghargaan tersebut berupa Tabungan Beasiswa yang diberikan langsung oleh Operational Manager Waringin Hospitality, Hartono Hadi. Tabungan Beasiswa tersebut diserahkan kepada 10 siswa pemenang Best Trainee 2021, termasuk 4(empat) orang siswa SMKN 1 PANJI yang berhasil membawa nama baik sekolah. Penghargaan tersebut diberikan kepada Alunanda dari kelas XI PHT 1 sebagai Pemenang Runner Up di Hotel 88 Embong Malang, Nanda dari kelas XI PHT 2 sebagai Pemenang Runner Up di Hotel 88 Kedungsari, Taqibut Taifin dari kelas XI PHT 2 sebagai pemenang First Winner di Hotel Luminor Jemursari Surabaya, dan Moh. Faisal dari kelas XI PHT 2 sebagai pemenang First Winner di Hotel 88 Kedungsari. Sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka, beberapa guru ikut dalam acara tersebut untuk mendampingi siswanya dalam penerimaan penghargaan tersebut, diantaranya Bu Puput, Bu April, dan Pak Sandi

Adapun benefit yang diserahkan kepada pemenang diantaranya First Winner mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp. 1.500.000 dan Runner Up mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp. 1.000.000. Selain itu, 4(empat) siswa tersebut mendapatkan kesempatan untuk magang dan bekerja di hotel yang dikelola oleh Waringin Hospitality (WH) Group.

“Pemenang Best Trainee 2021 ini merupakan siswa siswi SMK yang berbakat di dunia hospitality. Terlebih, kami juga membutuhkan SDM yang handal dibidangnya. Oleh karena itu, kami memberikan kesempatan bagi para pelajar untuk bisa magang dijaringan hotel kami,” ujar Lilis Yulianti selaku HR Corporate WH Surabaya.

USPBK, Program Tahunan Sekolah Ini Tetap Berjalan Di Tengah Pandemi dengan Protokol Kesehatan

USPBK atau Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer merupakan Program Tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. SMKN 1 PANJI telah beberapa kali melaksanakan USPBK ini pada setiap tahunnya. Tahun ini, pelaksanaan USPBK bertepatan pada tanggal 22 s/d 31 Maret 2021. USPBK tersebut menjadi tolak ukur kelulusan siswa dikarenakan UNBK telah ditiadakan oleh pemerintah.

SMKN 1 Panji telah mempersiapkan pelaksanaan USPBK ini sejak beberapa hari sebelumnya dengan melakukan uji coba jaringan dan simulasi. Ujian dilaksanakan dengan dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama pada pukul 07.30 s/d 11.00 dan sesi kedua pada pukul 12.30 s/d 16.00. Terdapat 19 ruangan ujian yang akan digunakan dalam USPBK kali ini, yakni 12 ruang laboratorium dan 7 ruang kelas. Media ujian yang digunakan adalah 20 komputer di ruang laboratorium dan 20 tablet di ruang kelas. Setiap ruangan kelas menyediakan tiga tablet cadangan yang nantinya akan digunakan manakala terdapat perangkat utama yang bermasalah. Selain sarana dan prasarana yang telah dipersiapkan, pihak sekolah juga mempersiapkan guru pengawas pada setiap ruangan ujian dengan melibatkan seluruh guru SMKN 1 PANJI.

Adapun macam-macam mata ujian diantaranya Pendidikan Agama, PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, Sejarah, Fisika, Kimia, IPA Terapan (khusus jurusan tertentu), Seni Budaya, PJOK, Mulok (Bahasa Jerman atau Bahasa Jepang), Simulasi Digital, dan Dasar Program Keahlian (Mapel Produktif). Setiap sesi terdapat dua mata ujian yang diujikan pada hari tersebut kecuali pada hari Kamis dan Jumat yang hanya satu mata ujian.

“Harapannya tentu USPBK ini dapat berjalan dengan lancar dan yang utama semua siswa lulus dengan hasil yang memuaskan” ujar Bapak Budi Rifa selaku ketua panitia USPBK

Aktif di Tengah Pandemi, Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 Panji Terus Memperhatikan Protokol Kesehatan

DWP atau Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 PANJI kembali menyelenggarakan beberapa kegiatan di awal tahun 2021. Berdasarkan AD/ART Dharma Wanita pasal 3 bab 1, menyatakan bahwa kedudukan Dharma Wanita adalah sebagai Organisasi Kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam kegiatan Pendidikan, Sosial Budaya, dan Ekonomi. DWP SMKN 1 PANJI memiliki tiga bidang yaitu bidang Pendidikan, Sosial Budaya, dan Ekonomi dimana setiap bidangnya terdapat ketua bidang dan anggotanya. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh DWP bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan setiap anggota DWP.

Adapun tiga kegiatan yang telah terlaksana seperti Perawatan Wajah yang berlangsung pada tanggal 29 Januari 2021, Pembagian Sembako SMKN 1 PANJI yang berlangsung pada tanggal 29 Januari 2021, dan Pembagian nasi kotak yang berlangsung pada tanggal 05 Februari 2021. Kegiatan yang dikoordinir langsung oleh Ibu Fauziyah selaku Ketua Bidang Sosial Budaya DWP SMKN 1 PANJI dan Ibu Latifah selaku Bidang Pendidikan DWP SMKN 1 PANJI yang dimana telah didukung oleh berbagai pihak SMKN 1 PANJI ini berjalan dengan lancar. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DWP SMKN 1 PANJI, Ibu Ratu Poppy Suprihartono, Pengurus DWP, dan dibantu juga oleh pihak TU.

Kegiatan perawatan wajah dilaksanakan di Salon Lotus SMKN 1 PANJI. Salon Lotus menjadi tempat pelatihan karena DWP SMKN 1 PANJI bekerja sama dengan pihak Salon Lotus. Diantara keduanya memiliki hubungan timbal balik yakni DWP membantu mempromosikan Salon Lotus kepada anggota-anggota DWP, sementara Salon Lotus memberikan fasilitas untuk DWP menyelenggarakan pelatihan perawatan wajah tersebut. Pada saat pelatihan berlangsung, anggota DWP memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi wanita khususnya. Ilmu yang diperoleh adalah bagaimana Cara merawat wajah dengan baik, Cara membersihkan muka, dan Pemberian vitamin pada wajah. Kegiatan perawatan wajah bertujuan untuk kesehatan dan penampilan serta agar nantinya Dharma Wanita memahami secara betul bagaimana merawat wajah yang baik dan benar.

Selain kegiatan Perawatan Wajah yang merupakan Program Kerja Bidang Pendidikan DWP SMKN 1 PANJI, Bidang Sosial Budayapun melakukan Program Kerjanya dengan Pemberian Sembako kepada Panti Asuhan dan Pemberian Nasi Kotak di jalan raya. Dalam kegiatan Pemberian Sembako, DWP SMKN 1 PANJI menyalurkannya kepada Panti Asuhan Tunas Melati yang berlokasi di Kapongan Situbondo. Sembako yang telah terkumpul tersebut merupakan hasil iuran dari donatur DWP SMKN 1 PANJI.

Selain Pemberian Sembako, kegiatan Pembagian Nasi Kotak juga telah terlaksana. Terkumpul 257 nasi kotak yang akan dibagikan kepada sasarannya diantaranya adalah para pemulung, tukang becak, pengemis, dan driver OJOL.

“DWP SMKN 1 PANJI berharap kegiatan tersebut bermanfaat bagi yang membutuhkan dan tepat sasaran sebagai realisasi dari Program Kerja Bidang Sosbud DWP SMKN 1 PANJI”, ujar Ibu Ratu Poppy Suprihartono selaku Ketua DWP SMKN 1 PANJI.

Bentuk IKASSAJI, SMK NEGERI 1 PANJI Adakan Rapat dengan Protokol Kesehatan

Senin(1/2/2021) Dalam rangka mempererat tali persaudaraan alumni, SMKN 1 Panji mengadakan Rapat koordinasi di awal bulan Februari ini. Rapat tersebut bertajuk Pembentukan Ikatan Alumni SMEA NEGERI SITUBONDO – SMKN 1 PANJI. Kegiatan ini tak lain bertujuan untuk membentuk kepengurusan alumni SMKN 1 Panji.

Rapat yang diadakan di Meeting Room SMKN 1 Panji diselenggarakan pukul 10.00 WIB s/d 12.00 WIB. Acara tersebut dihadiri oleh beberapa alumni SMKN 1 Panji yang nantinya akan tergabung ke dalam kepengurusan Alumni tersebut.

Setelah melalui Rapat Koordinasi, maka diputuskan Pembentukan Nama Kepengurusan Alumni ini yakni IKASSAJI (IKATAN ALUMNI SMEA SMK NEGERI SATU PANJI) dengan Pembagian Kepengurusan Inti yaitu Suprihartono, S.Pd, M.M selaku pembina kepengurusan tersebut. Selain itu, Ibu Dr. Lusi Endang Sridarmawati, M.Pd juga menjadi pembina dalam kepengurusan tersebut.

Adapun Nama Nama Pengurus yang telah terdaftar dalam Kepengurusan tersebut yaitu Haryono, SST. PAR. M.Si selaku waka humas dan alumni SMKN 1 Panji menjabat sebagai Ketua Kepengurusan, Agus Yuhandrito, SE selaku Manager Raung menjabat sebagai Wakil Ketua, Fusliyanto, M.Si selaku Dosen UNEJ menjabat sebagai Sekretaris 1, Yudha Siti F, S.Pd selaku Guru SMKN 1 Panji menjabat sebagai sekretaris 2, Isza Billa selaku Personalia Roxy menjabat sebagai Bendahara 1, dan Erfan selaku Kodim Situbondo menjabat sebagai Bendahara 2.

“Saya sangat senang dan mengapresiasikan kegiatan ini dilaksanakan. Selain menumbuhkan rasa sosialisme alumni, tetapi juga sebagai kesempatan silaturahim. Saya berharap Kepengurusan yang tergabung dalam IKASSAJI dapat menjalankan tugasnya dengan amanah dan penuh tanggung jawab demi kebersamaan alumni SMKN 1 Panji Situbondo”, harapan Kepala SMKN 1 Panji selaku Pembina Kepengurusan terkait Pembentukan dan Pengesahan IKASSAJI

SMK NEGERI 1 PANJI, Sambut Kunjungan Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur dengan Hangat

Jumat (02/10/2020), SMKN 1 PANJI menyambut kedatangan tamu spesial yakni Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Acara yang dimulai pada pukul 19.00 WIB ini bertemakan Ramah Tamah Kepala SMA, SMK, dan PK-PLK bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT., Kepala Bidang PPSMK, Kepala Cabang Dinas wilayah Bondowoso, Kepala SMKN 1 PANJI, Kepala Sarana dan Prasarana SMKN 1 PANJI, Ketua MKKS SMA/SMK Kabupaten Situbondo, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Cabang Dinas wilayah Bondowoso, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 PANJI juga turut serta dalam memeriahkan acara tersebut.

Dengan mengusung konsep layaknya cafe yang mewah dan romantis, seluruh undangan yang mengikuti acara ini terlihat sangat antusias. Selain itu, terdapat stand dari beberapa kompetensi keahlian yakni DKV dan MM. Kompetensi keahlian DKV menyediakan sport foto dan cetak foto gratis. Sementara itu, kompetensi keahlian MM menunjukkan karya 3D yaitu hologram. Adapula susunan acara yang diikuti semalam yaitu pembukaan oleh MC yang didatangkan langsung dari Jember. Selanjutnya, sambutan-sambutan dari Kepala SMKN 1 PANJI, Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M. dan sambutan dari Kacabdin wilayah Situbondo dan Bondowoso, Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.Pd. Inti acara ini yaitu penampilan Fashion Show yang diwakilkan oleh lima siswa SMKN 1 PANJI. Lima siswa tersebut adalah Muhammad Raikhan kelas XII TKJ 2, Cienta Michelle Anastasya Lie kelas X MM, Septa Erliana kelas XII TBs, Ika Firdiana kelas XII TBs, dan Hilda Aminatus Zahro kelas XI OTKP 2. Mereka menampilkan dua konsep yang berbeda yakni batik dan casual yang dirancang langsung oleh siswa Tata Busana. Kegiatan di puncak acara yaitu arahan dan pembinaan dari Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur yang diwakilkan oleh kepala bidang GTK, Ibu Suhartatik.

Hari ini, pada tanggal (03/10/2020) Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT mengunjungi beberapa Teaching Factory yang dimiliki oleh SMKN 1 PANJI. Dengan disambut oleh perwakilan anggota Sagapasska (Paskibra SMKN 1 PANJI) dan Ambalan Panji Satria Wibawa (Pramuka SMKN 1 PANJI), dan Dewan Guru SMKN 1 PANJI sebagai bentuk penghormatan, Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur beserta jajarannya mengunjungi beberapa tefa yang didampingi oleh beberapa Guru SMKN 1 PANJI. Beberapa tefa tersebut diantaranya Lab TKKr, Alfamart SMKN 1 PANJI, Lab TBg, dan RPS (Ruang Praktek Siswa). Selama berada di RPS, sambutan hangat berikan oleh seluruh guru yang hadir. Dibuka oleh penampilan Band SMKN 1 PANJI dan dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Kepala SMKN 1 PANJI dan sambutan kedua oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. ”Tetap semangat dalam membangun inovasi dan memberikan kurikulum yang update dan sesuai dengan perkembangan saat ini.” ujar Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Setelah kegiatan di RPS usai, beliau dan jajarannya melanjutkan kunjungan terakhir ke EdHotel Lotus SMKN 1 PANJI dengan menaiki kereta odong-odong.

Menginjak ke acara selanjutnya yang bertemakan BRAINSTORMING Menuju Jatim Cerdas bertempat di Ballroom. Acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh Kepala SMA/SMK se Situbondo dan anggota Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 PANJI. Ibu-ibu DWP juga menyediakan beberapa produk unggulan khas SMKN 1 PANJI dan Situbondo seperti Dendeng Daun Singkong, Rengginang, Teh Daun Kelor, Kunyit Putih Instan, dan Tanaman Hias.

Acara yang dimulai pukul
09.30 WIB diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin langsung oleh Tim Paduan Suara Dharma Wanita SMKN 1 Panji. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut dengan pembacaan Shalawat Nariyah bersama Bapak Hasan Ainul Yakin. Adapun sambutan sambutan diantaranya Pembukaan oleh Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso, Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M.Pd. yang dilanjutkan arahan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur kepada Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 Panji. Arahan tersebut berupa harapan supaya guru dapat mengantarkan siswa untuk mempunyai skill yang baru. Selain itu, beliau juga berharap agar guru memiliki network alumni yang berguna untuk mendata siswa alumni sehingga mengetahui pekerjaan mereka. Beliau juga menyampaikan usulan kepada Kemendikbud berupa Permohonan BOS yang harus sesuai dengan jumlah siswa yang ada.

Usai penyampaian arahan, dilanjut dengan sesi penyerahan cinderamata oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 Panji kepada beliau. Paduan Suara Dharma Wanita SMKN 1 Panji juga menampilkan beberapa lagu hiburan yang berjudul Medot Janji dan Pamer Bojo. Seusai hiburan, Program Talk Show yang dipandu langsung oleh Bapak Kepala SMKN 1 Panji dan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dimulai. Talk Show yang diliput oleh JTV ini akan ditayangkan pada hari Minggu, 11 Oktober 2020. Dalam perbincangannya, Bapak Kepala Dinas Pendidikan mengutarakan keinginannya agar SMK COE dapat menggandeng SMK lainnya untuk dapat setara. Sesi foto bersama Dharma Wanita Perwakilan SMKN 1 Panji, pengurus Dharma Wanita dan Kepala SMA/SMK Se-Situbondo merupakan penutup dari seluruh rangkaian acara ini. MC BRAINSTORMING Menuju Jatim Cerdas adalah Ibu Titik Suprapti, S.Pd. Beliau menutup acara dengan bacaan Hamdalah.

”SMKN 1 Panji selaku Sekolah Adiwiyata Rujukan harus dapat menjadi Pusat Keunggulan di Jawa Timur”_ ujar Bapak Kadis saat memberi harapannya.

SMK NEGERI 1 PANJI, Suasana Haru Pisah Kenang Ditengah Pandemi

Senin {28/09/2020}, SMKN 1 PANJI menyelenggarakan sebuah acara. Acara tersebut yakni Pisah Kenang dua orang guru SMKN 1 PANJI. Guru tersebut adalah Ibu Irene Susanti dan Ibu Narulita Sugiono, S.Pd. Acara pisah kenang yang bertempat di Ballroom dihadiri oleh seluruh Guru SMKN 1 PANJI.

Acara yang dimulai pada pukul 11.00 WIB, berlangsung dengan penuh haru. Ibu Irene menyampaikan rasa harunya dengan menceritakan bagaimana beliau selama berada dan menjadi keluarga besar SMKN 1 PANJI ini. Dua guru tersebut akan lepas menjadi guru dan keluarga besar SMKN 1 PANJI. Ibu Irene sendiri akan mutasi ke SMKN WONGSOREJO BANYUWANGI, sedangkan Ibu Narulita menyatakan Resign dengan alasan tertentu.

Adapun susunan acara yang telah dilalui yaitu pembukaan oleh MC. MC pada acara kali ini dibawakan oleh Bapak Haryono. Selanjutnya, pembacaan sholawat nariyah dan do’a yang dibawakan oleh Bapak Muin. Setelah itu, sambutan-sambutan. Sambutan pada acara ini disampaikan oleh Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M. selaku Kepala SMKN 1 PANJI, Ibu Irene Susanti, dan Ibu Narulita. S.Pd. Sebelum penutupan, ada pemberian hadiah atau cinderamata kepada Ibu Irene dan Ibu Narulita. Hadiah atau cinderamata mereka dapatkan dari kepala sekolah, guru-guru, bahkan juga dari siswa mereka. Setelah rangkaian susunan acara telah dilalui, akhirnya beranjak ke penutupan dan acara pun berakhir pada pukul 12.30 WIB. Semoga Ibu Irene dan Ibu Narulita nyaman di tempat yang baru dan segala ilmu yang telah beliau amalkan menjadi ilmu yang berkah dan barokah bagi siswanya.

SMK NEGERI 1 PANJI, Mengadakan HUT SMK Ke-55 di Ballroom dengan Siaran Langsung

Kamis {24/09/2020}, merupakan hari yang bersejarah bagi warga SMKN 1 PANJI. Bertepatan dengan tanggal tersebut, acara tahunan yaitu HUT ke – 55 SMKN 1 Panji telah dilaksanakan. Kegiatan yang mengusung tema SIAP MENJADI CENTRAL OF EXCELLENT SMK DI INDONESIA, telah sukses membawa nama baik SMKN 1 PANJI ke kancah Nasional. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah juga didampingi Istrinya, Kacabdin, anggota Komite, Bapak atau Ibu guru dan Tenaga Administrasi Sekolah serta beberapa perwakilan dari OSIS SMKN 1 PANJI juga ikut serta dalam memeriahkan kegiatan ini. Acara HUT tahun ini tidak semewah dan semeriah tahun sebelumnya mengingat adanya Pandemi Covid-19 yang belum usai. Live Youtube SMKN 1 PANJI juga ditayangkan agar siswa-siswi di rumah dapat menyaksikan kemeriahan acara HUT KE-55 SMK NEGERI 1 PANJI.

Adapun susunan acara yang telah dilalui yaitu pembukaan dengan membaca Basmalah yang dipimpin oleh MC yakni Ibu Arum. Selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Meira. Setelah itu, Ustad Abdul Mu’in selaku guru agama memimpin shalawat nariyah bersama.

Memasuki acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M. selaku Kepala SMKN 1 PANJI. Beliau menyampaikan bahwa SMKN 1 PANJI telah berubah statusnya menjadi CENTRAL OF EXCELLENT (COE) dimana SMKN 1 PANJI sebagai SMK pusat unggulan di kancah Nasional. Sambutan kedua oleh Bapak Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M. selaku Kacabdin wilayah Bondowoso – Situbondo. Beliau menyampaikan bahwa SMKN 1 PANJi bisa unggul di berbagai macam bidang diantaranya dalam hal disiplin, menciptakan model pembelajaran, menciptakan inovasi pembelajaran, dan lainnya. Selain itu, SMKN 1 PANJI juga merupakan sekolah yang paling banyak mengikutsertakan guru-gurunya dalam ajang lomba GTK Creative Camp (GCC) Jatim 2020.

Sebelum penutupan berlangsung, diadakan pengumuman pemenang lomba menyanyikan lagu Mars SMKN 1 PANJI. Pesertanya sendiri merupakan Bapak/Ibu guru SMKN 1 PANJI diantaranya Ibu Novi, Bapak Karim, Ibu Juwita, Ibu Anik, Ibu Yudha, Ibu Euis, dan Bapak Amin. Terdapat dua pemenang terbaik yaitu pertama adalah Ibu Euis dan kedua adalah Bapak Karim. Peserta lomba mendapat apresiasi langsung dari Bapak Kepala Sekolah. Selain itu terdapat lomba Tiktok yang bisa diikuti oleh siswa dengan menirukan gerakan yang ditentukan oleh panitia. Adapun aturan lomba yang harus diperhatikan:
1. Siswa wajib memakai masker.
2. Perkelas diwajibkan ikut serta.
3. Boleh memakai kostum unik.
4. Wajib memakai Twibbon yang di share di Instagram SMKN 1 Panji.
5. Mengikuti gerakan yang diinstruksikan.
6. Wajib follow dan mention akun media sosial @SMKN1PANJI, @OSIS.SANSAJI, dan Tiktok Osis SMKN1PANJI.
Penilaian :
1 Ketepatan gerakan.
2. Kretaivitas Video.
3. Keluesan gerakan.
Di samping itu, sekolah juga menyediakan Twibbon agar siswa siswi dapat berpartisipasi dengan menempel foto mereka pada Twibbon yang tersedia.

Pemberian hadiah secara simbolis diwakilkan oleh Kacabdin. Setelah itu, pembacaan Do’a sebagai penutup acara yang dipimpin oleh Bapak Hasan Ainul Yakin. Memasuki acara inti, yakni peniupan lilin oleh Bapak Kepala Sekolah dan pemotongan tumpeng oleh Ibu Popi selaku istri dari Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M.

Semoga dengan bertambahnya usia, sekolah ini semakin banyak mencetak generasi unggul bagi bangsa. Generasi yang tak hanya kaya akan ilmu namun juga mampu menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga keluarga besar SMKN 1 Panji senantiasa menjadi teladan bagi semua, saat ini dan masa yang akan datang.

SMK NEGERI 1 PANJI, Laksanakan Penutupan Pembekalan Project Work dengan Protokol Kesehatan

SMKN 1 Panji kembali mengadakan Pembekalan PKL untuk kelas XI. Pembekalan dilakukan agar siswa mendapat arahan berupa ilmu, etika, etos kerja dan lainnya. Pembekalan kali ini diikuti oleh siswa kompetensi keahlian OTKP, Perhotelan, TBs, dan TKK.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.00 s/d 11.00 WIB. Pembekalan kali ini dibagi di empat tempat yakni bagi kompetensi keahlian OTKP bertempat di Ballroom, kompetensi keahlian Perhotelan bertempat di Meeting Room, kompetensi keahlian TBs bertempat di Lab TBs, dan kompetensi keahlian TKK bertempat di Lab TKK. Kakom dan guru produktif di masing-masing kompetensi keahlian berperan penting dalam pelaksanaan pembekalan ini. Selain itu, juga ada guru BP/BK yang memberikan arahan tentang etika dan moral.

Untuk kompetensi keahlian TKK, Ibu Nur Aini selaku Kakom, Ibu Rini Fariyati dan Ibu Erlin Sufiyani selaku guru produktif, dan Ibu Putri selaku guru BK ikut andil dalam pembekalan ini dengan memberi bimbingan dan arahan kepada siswa TKK sebelum PKL. Kompetensi keahlian Perhotelan, guru produktif, kakom, dan BP/BK juga ikut andil dalam memberi arahan. Diantaranya Bapak Sandi selaku guru produktif sekaligus Korbid Iduka, Ibu April selaku Kakom, Ibu Puput, Pak Dedi Wirangga, dan Bapak Haryono selaku guru produktif, serta Bapak Ummahul Haby selaku BP/BK. Guru-guru yang berperan penting dalam pembekalan pada kompetensi keahlian TBs diantaranya Ibu Trisye selaku Kakom dan Ibu Nyoman selaku guru produktif. Sementara itu, guru-guru yang memberi arahan dan bimbingan pembekalan bagi siswa kompetensi keahlian OTKP diantaranya Ibu Nofi selaku Kakom sekaligus guru Produktif, Ibu Lila dan Ibu Fauziah selaku guru produkif, serta Ibu Retno selaku BP/BK SMKN 1 PANJI juga ikut andil dalam pembekalan ini.

Tepat pada pukul 07.00 s/d 08.00 WIB, pembekalan Project Work dimulai. Selanjutnya pada pukul 08.00 s/d 09.00 WIB, penjelasan tata tertib Project Work. Pukul 09.00 s/d 10.00 WIB, pembekalan etika dan moral oleh BK juga diberikan oleh guru BP di SMKN 1 PANJI. Pukul 10.00 s/d 11.00 WIB, siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi bersama guru pembimbing masing-masing. Acara berakhir pada pukul 10.00 s/d 11.00 WIB.