SMK Negeri 1 Panji Situbondo Menyelenggarakan Pembelajaran Project Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Proyek

Sabtu, 23 Oktober 2021 SMK Negeri 1 Panji menyelenggarakan Pembelajaran Project Based Learning yang bertempat di Ballroom Lotus SMK Negeri 1 Panji. Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) atau Pembelajaran Berbasis Proyek adalah model pembelajaran yang menggunakan penyelesaian proyek sebagai target pembelajaran. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Model pembelajaran PjBL ini juga merupakan bentuk implementasi penguatan ekosistem sekolah melalui “Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM)” yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Panji Situbondo.

Melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), siswa dapat belajar dan bekerja sama dengan tim yang kemudian siswa bisa berbagi tugas. Dengan bagitu, siswa bisa belajar menjadi pemimpin, menghargai pendapat orang lain, berkomunikasi dengan berbagai macam usia, serta bisa mengimplementasikan kompetensi agar bermanfaat bagi masyarakat di semua kalangan.

Project Based Learning dalam mata pelajaran ”Food and Beverage” tentang jenis pelayanasan adalah berusaha memberikan sebuah tantangan baru kepada siswa agar bisa berinovasi dan berkreatifitas sesuai dengan kompetensi yang sudah didapatkan dan juga bisa mengukur seberapa besar kompetensi yang sudah di pahami oleh siswa sehingga bisa menerapkannya dalam bidang perkerjaan yang akan mereka ambil setelah selesai pendidikan.

Siswa yang melakukan Pembelajaran Project Based Learning merupakan siswa kelas XII dari program keahlian Akomodasi Perhotelan. Dalam kegiatan tersebut, SMK Negeri 1 Panji mengundang 28 siswa dan siswi dari SD Negeri 8 Mimbaan dengan mematuhi protokol kesehatan. Pembelajaran Berbasis Proyek ini para siswa dan siswi membuat proyek secara berkelompok yang bertema “Be Creative With Us”. Kegiatan atau event ini merupakan kolaborasi antara Pembelajaran Produktif Perhotelan dengan Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

“Kolaborasi antara Pembelajaran Produktif Perhotelan dengan Produk Kreatif dan Kewirausahaan adalah adalah salah satu wujud dan tujuan kami agar mereka dapat belajar untuk menjadi seorang intrepreneur sekaligus mereka bisa melihat peluang usaha yang nantinya diharapkan pada saat selesai penddikan dari SMK Negeri 1 Panji sesuai dengan kompetensi yang mereka dapatkan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk semua kalangan.”ujar ibu Aprilani Tri Kurniawati, SST.Para guru mata pelajaran Food and Beverage kelas XII Akomodasi Perhotelan.

Ada beberapa tujuan dari Pembelajaran Project Based Learning, yaitu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah proyek, juga memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran.

“Menurut saya, dengan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) siswa dapat menunjukkan kemandiriannya, seperti halnya merancang kegiatan atau acara yang juga melibatkan orang lain di luar sekolah. Siswa dapat mentransfer ilmu dan keterampilan yang sudah dipelajari kepada orang lain, selain itu siswa dapat menghasilkan produk dan project yang sudah dilakukan.” ujar ibu Irfia Fitroh Riyadhini, S.Pd selaku guru mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

“Pengalaman dari kegiatan Pembelajaran Project Based Learning saya selaku perwakilan dari Jurusan Akomodasi Perhotelan, yaitu kami bisa berkreasi dan berinovasi sesuai kompetensi yang sudah didapatkan dan juga bisa belajar bekerja sama dengan tim, menghargai pendapat dan mencari peluang usaha saat kami sudah lulus nanti, serta mengasah kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan yang berbeda. Dan projek yang kami laksanakan tadi, kami merasa senang karena acara berjalan dengan lancar dan juga kami dapat pengalaman yang bisa kami terapkan saat lulus nanti.”ujar Riski Sugianto dari Kelas XII Akomodasi Perhotelan .

“Semoga kedepannnya siswa dan siswi bisa lebih banyak mengenal apa itu hotel, apa saja yang ada di dalam hotel dan semoga ada event menarik di SMK Negeri 1 Panji untuk kedepannya”, ujar salah satu guru SD Negeri 8 Mimbaan.

Maulid Nabi Diadakan Oleh SMK Negeri Situbondo Yang Bertema “Meneladani Akhlak Rasullah Sebagai Pribadi Yang Unggul”

Jum’at, 22 Oktober 2021, SMK Negeri 1 Panji menyelenggarakan kegiatan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H yang bertempat di Ballroom Lotus SMK Negeri 1 Panji. Dimulai pada pukul 08.00 WIB s/d Selesai.

Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, bertema “Meneladani Akhlak Rasul sebagai Pribadi yang Unggul”,

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru, staf dan siswa perwakilan masing-masing kelas. Tentunya, kegiatan hari ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2021 dimeriahkan dengan kehadirannya Kyai Munawwir Ash – Syadzah sebagai penceramah, penampilan Jamiatul Hadrah dari Rohis SMK 1 Negeri Panji, juga penampilan dari pemenang lomba tartil dan pidato islami yang diselenggarakan pada Selasa, 19 Oktober 2021.

“Kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan program sekolah yang bertujuan untuk peningkatan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.” ujar ibu Anik Sudiartini, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Panji.

Salah satu isi tausiyah dari Kyai Munawir Ash- Syadzah adalah mengajak para peserta didik dan jamaah pada umumnya untuk meneladani pribadi agung Nabi Muhammad SAW dan senantiasa bershalawat kepada beliau serta mengikuti sunnah-sunnahnya. Nabi Muhammad SAW adalah “Orang Besar” yang dibesarkan oleh yang Maha Besar dan kebesarannya diakui oleh umat muslim di seluruh dunia. Beliau juga menyampaikan kepada jamaah, khususnya kepada peserta didik jangan sampai memiliki hati yang iri dan pendendam.

“Kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan program sekolah yang bertujuan untuk peningkatan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.” ujar ibu Anik Sudiartini, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Panji.

Semoga perayaan atau peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini dan seterusnya tidak hanya sekedar rutinitas tahunan saja. Namun, harus membawa dampak pada pembentukan karakter dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik serta terciptanya lingkungan belajar yang penuh berkah dan ampunan Allah SWT.

Kedatangan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur ke SMK Negeri 1 Panji Situbondo

Kamis, 7 Oktober 2021 merupakan hari teristimewa untuk keluarga besar SMKN 1 Panji Situbondo. Untuk kedua kalinya kami mendapatkan kehormatan untuk dapat menjamu kembali tamu istimewa yaitu Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Kali ini kunjungan beliau di SMKN 1 Panji diagendakan untuk kegiatan “Pembinaan Serta Penandatanganan MOU Lembaga Pendidikan Tingkat SMA PK-PLK & SMK Kabupaten Bondowoso dan Situbondo dengan PT. Emporia Digital Raya_(Penyedia Layanan Aplikasi Jatim Cerdas)”. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang PPSMK, Kepala Cabang Dinas wilayah Bondowoso, Kepala SMKN 1 PANJI, Ketua MKKS SMA/SMK Kabupaten Situbondo, dan masih banyak yang lainnya. Meskipun kegiatan tersebut mendatangkan tamu undangan dari berbagai daerah di Bondowoso maupun Situbondo namun tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, diantaranya physical distancing, penggunaan masker, tidak berjabat tangan, dan membatasi jumlah tamu undangan yang hadir.
Bapak kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur hadir diSMKN 1 Panji pukul 11.00 WIB, diawali dengan kegiatan penyambutan yang dilakukan oleh keluarga besar SMKN 1 Panji yang sudah ditugaskan untuk penyambutan di lobi sekolah. Pengalungan bunga dan selendang khas batik Situbondo melengkapi hangatnya penyambutan pada siang itu. Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T. beserta rombongan bergegas ntuk segera melaksanakan “Pembinaan Serta Penandatanganan MOU Lembaga Pendidikan Tingkat SMA PK-PLK & SMK Kabupaten Bondowoso dan Situbondo dengan PT. Emporia Digital Raya_(Penyedia Layanan Aplikasi Jatim Cerdas)” yang dilaksanakan di Ballroom Ed-Hotel Lotus SMKN 1 Panji. Kegiatan di Ballroom tersebut diawali dengan pemberian santunan kepada anak Yatim Piatu yang sudah dikoordinir oleh Panitia di SMKN 1 Panji, sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Penandatanganan Akrilik SPC (SMK Punya Cerita) Poadcast menandakan bahwa SPC Podcast SMKN 1 Panji sudah diresmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam rangakaian kegiatan di Ballroom Ed-Hotel Lotus.
Dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso (Dr. Drs. Mahrus Syamsul, M.M.Pd.) memberikan sambutan yang kemudian dilanjutkan oleh pembinaan yang disampaikan oleh Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Arahan tersebut berupa harapan supaya guru dapat mengantarkan siswa untuk mempunyai skill yang baru. Selain itu, beliau juga berharap agar guru memiliki network alumni yang berguna untuk mendata siswa alumni sehingga mengetahui pekerjaan mereka. Beliau juga menyampaikan agar siswa siswi diberikan bekal skill agar bisa mengikuti pertukaran pelajar di Thailand melalui SEAMEO.
Mengunjungi Festival Karya Siswa SMKN 1 Panji juga merupakan rangakaian kegiatan pada hari itu. Terdapat 14 Kompetensi keahlian yang menunjukkan kemampuannya sesuai dengan kompetensi masing-masing. Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur beserta rombongan disambut dan diantarkan oleh perwakilan siswa dari kompetensi keahlian Pemasaran. Mereka sangat lihai dan interaktif dalam memaparkan produk-produk unggulan hasil karya masing-masing program keahlian. Festival karya siswa ini mengusung tema ‘Sukses Dengan Kolaborasi Seluruh Kompetensi Keahlian”.
Kegiatan pada siang itu ditutup dengan pemberian pemaparan oleh Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam SPC Poadcast. Beliau merupakan tamu perdana yang hadir dalam SPC Poadcast SMKN 1 Panji. Beliau sangat bangga dan berkesan terhadap SMKN 1 Panji Situbondo, salah satunya karya ataupun produk yang dihasilkan oleh peserta didik di SMKN 1 Panji. Beliau berharap lulusan SMKN 1 Panji apabila menjadi karyawan jadilah karyawan yang profesonal, apabila ingin menjadi wirausaha jadilah wirausahawan yang gigih dalam mencapai kesuksesan, apabila ingin melanjutkan ke perguruan tinggi jadilah mahasiswa yang dapat mengikuti pembelajaran ke jenjang yang lebih tinggi. Sukses utuk warga SMKN 1 Panji Situbondo.

Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi festival karya siswa dimana ditampilkan semua kompetensi keahlian Yang ada sebagai bentuk implementasi kurikulum yang harus dicapai oleh siswa di berbagai kompetensi keahlian. Pesan beliau agar selalu berinovasi dan meningkatkan skill sehingga dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional

Akhirnya SMKN 1 Panji Situbondo Telah Mengadakan Kembali Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Pada tahun 2021 ini, siswa siswi SMK Negeri 1 Panji melaksanakan Pembekalan untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL). Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan yang diupayakan dari sekolah yang melibatkan siswa siswi khususnya SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan dilaksanakan di dunia industri untuk tujuan pendidikan.

Pembekalan tersebut dilaksanakan 28 s/d 30 September 2021. Tanggal 28 September dihadiri beberapa jurusan, yaitu Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL), Perbankan dan Keuangan Mikro (PKM), Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Tata Kecantikan Kulit dan Rambut (TKKR) yang bertempat di Ballroom SMK Negeri 1 Panji pada pukul 07.45 s/d 10.45 WIB, lalu pada pukul 10.45 s/d 11.55 WIB bertempat di Lab atau kelas masing-masing. Dan untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan (APHPI) pada pukul 07.45 s/d 10.45 WIB bertempat di Lab atau kelas masing-masing, lalu pukul 10.45 s/d 11.55 WIB bertempat di Ballroom SMK Negeri 1 Panji.

Kegiatan Pembekalan PKL pada 28 September 2021:
1. Pengisian Daftar Hadir (Wali kelas).
2. Pembekalan Kompetensi dan Budaya Kerja (Ketua Kompetensi Keahlian).
3. Pembekalan dari Kepala Sekolah (Ibu Anik Sudiartini, S.Pd, M.Pd).
4. Istirahat (Didampingi kakom dan wali kelas).
5. Bimbingan Karir ( Guru BK/BP).

Kegiatan Pembekalan PKL pada 29 September 2021:
1. Pengisian Daftar Hadir (Wali kelas).
2. Pembekalan Prakerin/Tata Cara Pengisian Jurnal dan Daftar Hadir selama PKL (Ketua kompetensi keahlian).
3. Istirahat.
4. Pembekalan K3 (Guru produktif).
5. Pertemuan dengan Guru Pembimbing (Guru Pembimbing)

Pada tanggal 30 September 2021, SMK Negeri 1 Panji melaksanakan kegiatan Pelepasan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Pelepasan PKL dilaksanakan dalam bentuk upacara apel. Ada beberapa hal yang disampaikan langsung oleh bapak Drs, Kholiq, MM selaku Wakil Managemen Mutu (WMM) pada saat pelaksanaan upacara apel, yaitu diharapkan semua siswa siswi bisa menjaga nama baik SMK Negeri 1 Panji dan semoga betah di tempat PKL.

Hari Ulang Tahun SMK Negeri 1 Panji Situbondo Yang ke-56

Ulang tahun ke-56 SMK Negeri 1 Panji, 24 September 2021, menjadi momen istimewa karena hari bahagia itu diperingati di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, seluruh kegiatan parade perayaan HUT SMK Negeri 1 Panji yang biasa digelar, tidak dilaksanakan pada tahun ini.

Di masa pandemi ini SMK Negeri 1 Panji mengadakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 dengan membatasi jumlah tamu undangan yg menghadiri.Tentu dengan kondisi pandemi ini tidak mengurangi meriahnya acara peringatan ulang tahun SMK Negeri 1 Panji tahun ini.

Peserta didik di SMK Negeri 1 Panji pada tahun ini pun hanya bisa melaksanakan HUT dirumah masing-masing melalui live streaming youtube maupun Instagram SMK Negeri 1 Panji. Hal ini dilaksanakan sesuai himbauan pemerintah dan juga untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Namun walau demikian kami tetap bisa melaksanakannya secara khidmat.

Kegiatan tersebut diwarnai dengan potong tumpeng dan kue tart sebagai simbolik harapan dan rasa bangga meski dalam kondisi Covid-19, dimana sekolah masih bisa menyelenggarakan HUT secara khidmat dan sederhana.

Pemberian piagam bintang kebaikan juga ikut memeriahkan HUT SMKN 1 Panji ke-56. Pemberian apresiasi itu ditunjukkan kepada peserta didik, guru, maupun tenaga administrasi sekolah yang mendapatkan predikat terbaik dalam bidangnya.

Untuk penutup kegiatan, para dewan guru, tenaga kependidikan, dan siswa berfoto bersama di Ballroom SMK Negeri 1 Panji.

Pelaksanaan Ujian ANBK Bagi Siswa SMKN 1 Panji Situbondo

Dalam rangka mempersiapkan infrastruktur dan upaya suksesnya pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2021, SMKN 1 Panji menyelenggarakan kegiatan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada Senin-Kamis, 6-9 September 2021 di SMK 1 Panji.
Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dilaksanakan pada Senin-Selasa, 20-21 September 2021 berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter peserta didik.
Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret proses input dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.
Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.
Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen, yaitu:
• Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
• Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
• Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Ibu Ice Septiawati, S.Pd. menyampaikan pentingnya pelaksanaan ANBK sesuai dengan rencana pemerintah untuk pelaksanaan ANBK tingkat SMK 1 Panji pada tanggal 20-21 September 2021.
“Asesmen Nasional ini salah satu tolak ukur penilaiannya ada pada hasil belajar siswa yang mendasar yakni literasi, numerasi, dan karakter,” ungkap Ibu Ice.
Beliau menjelaskan bahwa sasaran Asesmen Nasional ini bagi siswa yaitu AKM (Literasi dan Numerasi) untuk Hasil Belajar Kognitif, Survey Karakter untuk hasil belajar sosial – emosional.

Survey lingkungan belajar yang diisi oleh Bapak Ibu Guru berkaitan dengan Karakteristik input dan output proses pembelajaran.

Kunjungan Bapak Bupati Situbondo di SMKN 1 Panji Situbondo

Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SMK Negeri 1 Panji telah dilaksanakan sejak tanggal 23 Agustus 2021. Berhubung dengan dilaksanakannya kegiatan Pembelajaran Tatap Muka tersebut, Bapak Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M beserta jajaran pemerintah pada Kamis, 26 Agustus 2021 melaksanakan kunjungan kerja di SMK Negeri 1 Panji dalam rangka untuk melihat secara langsung bagaimana proses pelaksanaan Pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Kapasitas siswa yang melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) hanya 50% dan 50% lainnya melakukan pembelajaran dalam jaringan (DARING). Siswa juga diharapkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Ada beberapa kunjungan kerja yang dilakukan Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M di SMK Negeri 1 Panji, yaitu melihat beberapa tempat kerja praktik siswa SMK Negeri 1 Panji seperti Laboratorium Desain Komunikasi Visual (DKV), Laboratorium Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Di Laboratorium Jasa Boga (JB) beliau disuguhkan beberapa menu makanan yang di olah langsung oleh siswa siswi dari jurusan Jasa Boga, dan terakhir melihat kerja praktik siswa di Salon Lotus. Selain itu, beliau juga melihat pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan SMK Negeri 1 Panji.

Dalam arahannya Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan menghimbau kepada seluruh warga sekolah SMK Negeri 1 Panji agar dapat mematuhi protokol kesehatan sehingga kita tidak menginginkan terjadinya klaster baru dan sekolah harus terus berbenah untuk melengkapi sarana prasarana pendukung potokol kesehatan.

SMKN 1 Panji Situbondo melaksanakan vaksinasi gelombang kedua untuk siswa-siswi

SMK Negeri 1 Panji Situbondo melaksanakan Vaksinasi Gelombang kedua yang diikuti seluruh guru, staff, dan siswa-siswi beserta wali murid pada Kamis, 19 Agustus 2021.
Kegiatan vaksin di khususkan untuk semua siswa siswi SMK Negeri 1 Panji Situbondo dan adapun dari pihak keluarga siswa jika ingin mengikuti kegiatan vaksinasi ini, sekolah tidak mewajibkan siswa untuk melakukan vaksin disekolah karena bisa melakukan vaksin di tempat yang melaksanakan vaksin gratis seperti Polres Situbondo, Kodim dan Puskemas sekitar, Kegiatan vaksin ini dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh dan mengurangi penularan virus Covid-19.
Kegiatan vaksinasi dilakukan di SMKN 1 panji Situbondo dengan jadwal yang telah dibagi secara bertahap agar pelaksanaan vaksin dapat berjalan tertib dan tidak menimbulkan banyak kerumunan.
Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan :
1. Siswa membawaFC KTP 1 lembar, jika masih belum memiliki bisa membawa FC KK 1 lembar.
2. Siswa memakai seragam sekolah Pramuka.
3. Diharapkan siswa makan/sarapan terlebih dahulu.
Pada saat sebelum vaksinasi di laksanakan siswa wajib mengisi surat keterangan vaksinasi yang di ttd oleh wali murid.
Vaksinasi dilakukan guna untuk menjaga imun tubuh dan menghindari dari penyebaran covid-19.

Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia juga diselenggarakan di SMKN 1 Panji Situbondo

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021, SMK Negeri 1 Panji melaksanakan upacara bendera yang bertempat di lapangan utama SMK Negeri 1 Panji pada pukul 07.30 – 08.00. Kegiatan ini dilaksanakan secara terbatas, dikarenakan masa pandemi ini. Upacara hanya ikuti oleh seluruh bapak/ibu guru dan siswa dari perwakilan kelas masing-masing.

Selain melaksanakan upacara untuk Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, SMK Negeri 1 Panji melaksanakan pemotongan tumpeng dan do’a bersama untuk keselamatan Indonesia agar selalu tangguh dan tumbuh, juga untuk keselamatan SMK Negeri 1 Panji agar menjadi sekolah yang lebih maju.

“Upacara tahun ini sangat menambah semangat karena setelah sekian lama tidak melaksanakan kegiatan upacara. Kali ini sangat mengikuti upacara dengan baik dan diikuti dengan sangat khitmat. Dan semoga dengan itu semua Indonesia bisa tumbuh dengan baik.” Ujar Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Panji.

SMKN 1 Panji Situbondo Mengadakan Vaksinasi Untuk Para Pelajar

Guru dan Karyawan SMKN 1 panji Situbondo Melakukan Vaksinasi Tahap 1 pada tanggal Selasa, 03 agustus 2021 seluruh bapak/ibu guru, karyawan SMKN 1 panji Situbondo melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 dan juga kegiatan Vaksinasi tersebut dihadiri oleh Hj. Khoirani, S.Pd., M.H selaku Wakil Bupati Kabupaten Situbondo.
Kegiatan vaksinasi dilakukan di SMKN 1 panji Situbondo dengan jadwal yang telah dibagi secara bertahap agar pelaksanaan vaksin dapat berjalan tertib dan tidak menimbulkan banyak kerumunan. 
Kegiatan vaksin sangat di khususkan untuk semua siswa siswi SMK 1 panji Situbondo dan adapun dari pihak keluarga siswa jika ingin mengikuti kegiatan vaksinasi ini.
Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan :
1. Siswa membawa
FC KTP 1 lembar,.jika masih
belum memiliki bisa
membawa FC KK 1
lembar.
2. Siswa memakai
seragam sekolah
putih abu-abu.
3. Pelaksanaan vaksin
akan dilakukan 3
gelombang:
Gel. I : 06.30 WIB untuk kelas XII
Gel. II : 10.00 WIB untuk kelas XI
Gel. III: 12.00 WiB untuk kelas X
4. Diharapkan siswa makan/sarapan terlebih dahulu.
5. Untuk Bapak / Ibu guru atau keluarga bisa datang di gelombang ke 2
6. Bapak /Ibu Wali Kelas yang mendampingi putra putrinya diharapkan memakai seragam hari Rabu putih hitam.
7.Bapak Ibu TAS menyesuaikan seragam hari Rabu putih hitam.
Pada saat sebelum vaksinasi di laksanakan siswa wajib mengisi surat keterangan vaksinasi yang di ttd oleh wali murid.