Program Tahunan USBN Berubah Istilah Menjadi USPBK

 

SMK Negeri 1 Panji (24/02/20) memulai USPBK. USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) merupakan salah satu program pendidikan Indonesia untuk meninjau pengetahuan siswa dan siswi. Kini istilah USBN telah berganti nama menjadi USPBK (Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer). USPBK sama halnya dengan USBN yaitu mengerjakan soal-soal ujian dari semua mata pelajaran di sekolah. Dengan berkembangnya teknologi, saat ini ujian tidak lagi menggunakan kertas melainkan menggunakan komputer. Dengan ujian berbasis komputer, tentu banyak berpengaruh terhadap kemampuan siswa mulai dari kemampuan materi kognitif maupun keterampilan lainnya serta mengurangi tingkat kecurangan dalam sebuah ujian.

SMK Negeri 1 Panji mulai melaksanakan USPBK pada tanggal 24 Februari 2020 sampai 5 Maret 2020. Untuk terlaksananya kegiatan tersebut dengan lancar, tentu pihak sekolah telah melakukan persiapan dengan matang. Mulai dari mempersiapkan ruangan ujian yang terdiri dari 12 ruang lab dan 12 ruang ujian tulis, menugaskan sebanyak 24 pengawas ujian, serta membuat jadwal sesi ujian untuk siswa kelas XII.

USPBK diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas XII. Mereka melaksanakan USPBK dengan masing-masing persiapan yang telah dilakukan. Mempelajari semua materi mulai dari materi yang didapat pada saat kelas X hingga kelas XII seperti materi Normatif, Adaptif, dan Produktif. Dengan dibagi menjadi 3 sesi waktu ujian, USPBK terlaksana dengan lancar dan aman. Yaitu sesi 1 dimulai dari pukul 07.00 – 10.00 WIB, sesi 2 dimulai dari pukul 10.15 – 13.15 WIB, dan sesi 3 dimulai dari pukul 13.30 – 16.30 WIB. Dengan ujian berbasis komputer, tentu nilai yang akan didapat adalah nilai murni dari siswa itu sendiri. Nilai tersebut dapat dilihat di server pada saat selesai melaksanakan ujian agar siswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuannya. Seluruh siwa kelas XII diwajibkan untuk mengikuti USPBK, karena ini merupakan salah satu syarat kelulusan.

Selama beberapa pekan, USPBK terlaksana dengan lancar dan tanpa kendala. Hal tersebut tentu diinginkan oleh pihak sekolah SMK Negeri 1 Panji. ‘Harapannya seluruh siswa bisa mengikuti ujian dari awal hingga akhir dan bisa lulus 100%’ ucap Pak Paimin selaku Waka Kurikulum saat diwawancarai. USPBK menentukan kelulusan setiap siswa, dan bisa membawanya menuju perguruan tinggi yang diinginkan.

Pengenalan Industri Kompetensi keahlian APHPP di PT Yakult

 

SMK Negeri 1 Panji (20/02/2020), tanggal cantik satu ini menjadi hari dilakasanakannya Pengenalan Industri Kompetensi Keahlian APHPP. Pengenalan Industri adalah suatu kegiatan tahunan yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas X SMK Negeri 1 Panji Situbondo, khususnya kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Dalam Pengenalan industri, siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja Industri.

Kegiatan Pengenalan Industri ini akan menunjukan tentang banyak hal yang ada dalam lapangan kerja agar siswa tidak kaget supaya terbiasa menerima pekerjaan atau bekerja dengan sesuai keahlian. Kunjngan industri ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa-siswi agar mereka bisa bekerja dengan situasi dan kondisi apapun. Jadi dengan adanya Pengenalan industri siswa-siswi dapat diharapkan dengan cepat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan atau dunia kerja dan juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industri. Kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian mengadakan kegiatan pengenalan industry ke PT Yakult Persada Indonesia tepatnya dikawasan industry pabrik Yakult Mojokerto, yang berlokasi di Ngoro Industrial Park – Blok CC No. 1, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Pabrik yang dibuka pada 20 Januari 2014 ini merupakan pabrik kedua, sedangkan pabrik pertama ada di wilayah Cicurug, Jawa Barat, dibangun pada 1997. Istimewanya biaya berkunjung ke pabrik Yakult gratis alias tidak dipungut biaya. Yakult sebagai minuman probiotik yang peduli akan kesehatan masyarakat Indonesia, membuka program untuk kunjungan industri sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan khususnya kesehatan pencernaan.

Rangkaian pelaksanaan acara antara lain :
• Sambutan
• Penjelasan kesehatan
• Pemutaran film
• Sejarah perusahaan
• Melihat proses produksi pabrik
• Sesi tanya jawab

Seperti agenda kunjungan ke pabrik pada umumnya, peserta dilarang untuk mengambil gambar, dan hanya diperbolehkan berfoto ria di lokasi yang telah ditentukan. Pada saat pelaksanaan kunjungan ke pabrik Yakult, fasilitas yang kami dapat berupa :
• 3 botol yakult
• Snack
• Souvenir
Setelah pelaksanaan berkunjung ke pabrik Yakult, kami mendapat wawasan tentang keistimewaan Yakult diantaranya : tanpa menggunakan bahan, pengawet, tanpa zat pewarna,hanya memiliki satu rasa dan satu warna, dibuat secara higienis, mendapatkan pengakuan dari badan POM MUI yang diperbarui setiap 2 tahun sekali.

Pelaksanaan ini dilakukan bertujuan untuk memberi wawasan tentang pengolahan yang ada di PT Yakult Persada Indonesia. Serta selain wawasan, diharapakan juga dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa-siswa kelas X Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Khususnya.

SMK Negeri 1 Panji Menjadi BEST TRAINEE PERHOTELAN DAN TATA BOGA

SMK Negeri 1 Panji (25/02/2020), Best Trainee adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh Waringin Hospitality Group kepada siswa PKL terbaik dimana mereka telah melalui tahap seleksi di tempat Industri / Hotel yang mereka tempati. Untuk mendapatkan penghargaan tersebut, seluruh siswa SMK Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan Dan Jasa boga di Jawa Timur bersaing secara sehat. Adapun siswa – siswi yang meraih penghargaan tersebut atas nama Muhammad Fillah F ( XI AP 2 ) meraih Juara 1, Raditya Parameswari ( XI AP 2 ) meraih Juara 2, dan Ahsan Nur Taufik ( XI AP 1 ) meraih Juara 3 sebagai peraih The Best Trainee. Mereka mengikuti seleksi tersebut di lokasi PKL, yaitu Hotel Luminor Jemursari Surabaya dan Hotel Luminor Sidoarjo.

Selain tiga siswa tersebut, beberapa siswa yang lokasi PKL bertempat di luar hotel tersebut atas nama Merry Putri ( XI AP 2 ) mendapat predikat The Best Trainee di Hotel Pasuruan dan mendapatkan hadiah voucher menginap di Hotel Horizon, Yogie Candra Arief Wicaksono ( XI JB ) yang terdaftar dalam nominasi Best Trainee selama dua bulan berturut – turut di Hotel Bumi Surabaya dimana Hotel tersebut terkategori dalam Hotel Bintang 5 di Surabaya, dan Fitriyatul Hasanah dan Nor Rohidatul Risma ( XI JB ) yang telah memperoleh nilai terbaik di Hotel Meotel Jember sehingga mereka mendapat kesempatan casual di hotel tersebut. Selain siswa, ada juga beberapa guru yang mendampingi jalannya acara ini, yaitu Ibu Puput Rahmawati dan Ibu Aprilani Tri Kurniawati.

Selain berprestasi, Peraih The Best Trainee juga memiliki Dedikasi dan Kedisiplinan serta Attitude yang baik selama menjalankan PKL dan telah mengikuti seleksi. Mereka mendapatkan Hadiah Beasiswa Pendidikan berupa uang tunai sebesar Rp 3.000.000-, Rp 2.000.000-, dan Rp 1.500.000-. Beasiswa tersebut digunakan selama mereka menempuh pendidikan di sekolah. Selain itu, peraih The Best Trainee akan mendapatkan prioritas sebagai karyawan pada saat mereka lulus sekolah nanti apabila Waringin Group membutuhkan dan siap ditempatkan di seluruh Indonesia

“Harapannya semoga kelak adik kelas saya bisa lebih dari ini ketika mereka PKL atau Magang di Waringin Group dan terus belajar untuk meraih prestasi yang membanggakan orang tua dan sekolah”, harapan dari salah satu peraih The Best Trainee ketika diwawancarai.

Kunjungan Industri Untuk Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga dilaksanakan di Hotel Luminor

SMK Negeri 1 Panji (19/02/2020), Kunjungan industri untuk Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga dilaksanakan. Kunjungan indrusti merupakan kegiatan yang dilakukan guna memperkenalkan perindustrian yang sesuai dengan kompetensi keahlian mereka. Kunjungan industri ini dilakukan oleh semua civitas SMK di seluruh Indonesia, salah satunya SMK Negeri 1 Panji Situbondo.

Kunjungan industri kali ini dilakukan di Hotel Luminor Jermusari Surabaya. Kunjungan ini dilakukan oleh beberapa guru pendamping yang bersangkutan dengan kompetensi keahlian tersebut seperti KAKOM, Wali Kelas, Guru Bidang Study, dan beberapa guru lainnya. Para siswa yang turut serta dalam kunjungan ini terdiri 68 siswa dari Akomodasi Perhotelan (AP) dan 67 siswa dari Tata Boga (TB). Hotel yang kali inidikunjungi merupakan hotel dari Waringin Hospitality dan ibu Sadang Purnawati sebagai manajernya. Kedua Kompetensi keahlian tersebut disambut baik oleh manager dan telah menjalin kerja sama Kelas industri dengan Group Waringin Hospitality.

Acara yang dilaksanakan di hotel tersebut yaitu ; Memperkenalkan tentang Company Profile, Table Manner, dan Hotel Tour. Dalam Table Manner para siswa diperkenalkan dengan tata cara penyajian dan alat alat saji yang digunakan di hotel tersebut. Selain itu, para siswa juga diperkenalkan dengan Hotel Tour yang di dalamnya memperkenakan dengan beberapa departemen yang ada di hotel tersebut.

Pemberangkatan kunjungan ini dilaksankan tepat pukul 00.00 WIB di halaman SMK Negeri 1 Panji, dan sampai kembali di SMK Negeri 1 Panji juga pukul 00.00 WIB. Antusisme siswa yang turut serta sangatlah terlihat di setiap senyuman para siswa. Dengan ini diharapkan siswa dapat mengenal DUDI mereka sebelum mereka melaksanakan PKL nanti di kelas XI.

Uluran Tangan Civitas SMK Negeri 1 Panji Untuk Korban Banjir Bandang, Sempol, Bondowso

SMK Negeri 1 Panji (9/02/2020), beberapa Ekstrakurlikuler SMK Negeri 1 Panji, yaitu KOMPASAJI, OSIS, SAGAPASKA, serta PARMASTUAJI melakukan bantuan donasi kepada korban bencana banjir bandang di daerah Sempol, Bondowoso. Bantuan donasi tersebut dikumpulkan terlebih dahulu dengan menyelenggarakan kegiatan penggalangan dana dari setiap warga SMK Negeri 1 Panji untuk mendonasikan sedikit rejekinya bagi korban bencana alam tersebut.

Beberapa anggota ekstrakulikuler dan pembina turut serta saat pembagian hasil donasi tersebut. Tangisan haru terlihat dari korban banjir bandang tersebut dimana hal tersebut mengundang sedikit tetesan air mata. Pertolongan yang mereka berikan sangat mereka butuhkan sehingga sangat disambut hangat oleh para korban.

Hasil donasi yang terkumpul diantaranya 50 kg beras dan 3 dus mie serta beberapa makanan ringan lainnya. Selain itu Uang dan pakaian dari anak – anak sampai orang dewasa di donasikan kepada korban banjir bandang tersebut. Warga SMK Negeri 1 Panji berharap agar desa Sempol kembali dapat beraktifitas dengan normal. Serta harapan agar bencana banjir tidak lagi terjadi sangatlah besar bagi para korban. Para korban juga berharap rumah mereka cepat direnovasi agar mereka dapat tinggal kembali di tempat tinggal mereka.

Dengan melakukan kegiatan sumbangan ini, secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa iba dan empati yang besar kepada warga SMK Negeri 1 Panji. Kegiatan ini juga dapat menunjukkan sikap sosial mereka terhadap orang orang yang membutuhkan bantuan.

SMK Negeri 1 Panji, Memperkenalkan Industri Program Keahlian Otomatisasi Tata Keloala Perkantoran

SMK NEGERI 1 PANJI (15/2/2020), Para siswa siswa siswi SMK NEGERI 1 PANJI Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran melakukan kegiatan Kunjungan Industri. Kegiatan Pengenalan Industri (PI) merupakan kegiatan yang dilaksanakan SMKN 1 Panji setiap tahunnya dan telah menjadi agenda rutin. Kegiatan yang telah disetujui oleh Kepala SMKN 1 Panji ini juga disambut positif, baik wali murid kelas X maupun siswa/i kelas X.

Dalam kunjungannya, setiap kompetensi memiliki tujuan masing – masing dimana setiap kompetensi dibagi menjadi 3 (tiga) rombel. Diantara 14 kompetensi, Kompetensi Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) telah mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Arsip kota Malang pada 15 Februari 2020 kemarin. Dalam melaksanakan kegiatan ini, siswa/i tersebut didampingi dengan wali kelas dan guru produktif.

Penjelasan demi penjelasan mengenai arsip dan dokumen telah mereka dapatkan ketika telah berada di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip tersebut. Selain itu, mereka disambut dengan pelayanan yang sangat istimewa. Siswa/i yang mengikuti kegiatan ini begitu antusias dan senang karena telah menemukan pengetahuan baru. Tak lupa pula, Guru Produktif juga menawarkan kerja sama, baik dalam Kunjungan Industri mendatang ataupun Praktek Kerja Lapangan dalam bentuk MoU. Pada akhir acara telah disediakan sesi tanya jawab yang dilanjutkan dengan mengelilingi setiap ruangan pada kantor tersebut.

Setelah melakukan kegiatan tersebut, para siswa/i juga mengunjungi tempat rekreasi dan pusat oleh – oleh, yaitu Selecta, Deduwo dan Pasar Lawang bersama rombongan. Tepat pukul 23.40 WIB, rombongan Pengenalan Industri telah tiba di SMKN 1 Panji. Guru Produktif dan Siswa/i berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membuat pengetahuan mereka semakin berkembang. Selain itu, guru produktif juga berharap agar nantinya ada bentuk kerja sama yang signifikan.

Dalam Rangka Police Goes To School, Kapolres Hadiri SMK Negeri 1 Panji Lakukan Penyuluhan

  • Senin, 3 Februari 2020. Kapolres Situbondo AKBP Sugandi,S.I.K, M.Hum bersama dengan Satlantas Polres Situbondo menjadi pembina upacara serta mengadakan sosialisasi tentang “Police Goes to school”. Police Goes to School merupakan penyuluhan para polisi dalam keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berkendara pada para pelajar/mahasiswa.

    Penyuluhan ini diadakan di Lapangan Upacara SMK Negeri 1 Panji yang diikuti oleh seluruh siswa – siswi serta seluruh Dewan Guru dan Staf TU. Bapak AKBP Sugandi, ditemani oleh seorang satlantas, datang untuk menjadi Pembina Upacara Bendera di SMK Negeri 1 Panji. Amanat dari Bapak AKBP Sugandi, berisi tentang himbauan tentang berkendara. Pentingnya keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran saat berkendara. Serta diharapkan menurunnya angka kecelakaan dijalan raya.

    Setelah upacara usai, Kapolres kembali mengadakan sosialisasi. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Ballroom Edhotel Lotus pada pukul 08.00 WIB. Sosialisasi tersebut dikhususkan bagi siswa dan siswi kelas XII. Dalam sosialisasi tersebut bapak Sugandi sebagai pemateri. Dalam penyampaiannya, beliau menyampaikan tentang pentingnya menaati rambu-rambu lalu lintas, kesadaran berkendara, dan lainnya yang mengenai peraturan lalu lintas. Beliau menyampaikan hal tersebut agar siswa dapat lebih memahami akan pentingnya peraturan lalu lintas demi keselamatan berkendara. Selain materi yang disampaikan olehnya, beliau juga mengadakan kuis. Yaitu memberikan pertanyaan yang kemudian dijawab oleh siswa dan akan mendapatkan hadiah. Hadiahnya adalah 4 buah helm dan 10 buah tas.

    Dengan demikian, diadakannya sosialisasi ini diharapkan semua warga khususnya siswa lebih sadar dan mematuhi peraturan lalu lintas yang ada. Agar tujuan Kapolres tercapai yaitu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Pengenalan Industri Program Keahlian TKJ ke Radnet & APJII JATIM

 

23 Januari 2019, tepatnya hari Kamis, Siswa/siswi tingkat X Jurusan TKJ dari SMK Negeri 1 Panji Situbondo melaksanakan Pengenalan Industri, kegiatan ini merupakan salah satu upaya menambah pengetahuan diluar aktifitas sehari-hari di sekolah dengan memperkenalkan Dunia Usaha Dunia Industri dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi pada setiap siswa secara langsung. Kegiatan ini dilaksanakan di tempat – tempat Industri yang dianggap sesuai dengan jurusan yang mereka pilih sebelumnya.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa tingkat X kali ini, dilaksanakan di Gedung Intiland Tower Lt. 11 kerjasama SMKN 1 Panji dan PT. Rahajasa Media Internet beserta APJII ( Asosiasi Pengelola Jasa Internet Indonesia ) Wilayah Jawa Timur. Hadir dalam acara workshop, pimpinan PT. Rahajasa Media Internet ( Radnet Surabaya ) yang diwakili oleh Bpk Darian beserta Pimpinan APJII Jawa Timur yang diwakili oleh Bpk. Umam. Workshop kali ini memgangkat tema tentang ” IOT ( Internet Of Thing ) di era Revolusi Imdustri 4.0 dan Materi tentang aplikasi desain grafis di platform linux”. Antusiasme siswa terlihat pada kesempatan sesi tanya jawab yang langsung ditanggapi dengan runtut dan jelas jawaban dari nara sumber workshop. Kegiatan berikutnya yang tak kalah membuat rasa keingintahuan siswa tentang materi workshop yaitu pada saat siswa diajak ke ruang server utama APJII Jawa Timur dan ruang server PT. Rahajasa Media Internet di lantai 6 dan lantai 11 intiland tower, dimana dari server inilah layanan jasa internet yang menjadi backbone utama untuk kantor cabang di Bandung dan Jakarta. Pada kegiatan ini siswa mendapatkan berbagai hal pengetahuan baru mengenai apa dan bagaimana internet itu ada dan ditransmisikan ke end user serta mengtahui pula tentang manajemen server, cabling server dan lain-lainnya. Beberapa guru produktif TKJ juga ikut mendampingi guna mengawasi jalannya acara yang telah direncanakan sebelumnya. Beberapa Nama – nama Guru Pendampingnya, yaitu:
1.Mohammad Budi Rifa, S.ST., M.Pd
2.Arief Bastian Zulkarnain, S.Kom
3.Dian Wibowo, S.Kom
4.Nuzilia Ramdahani Jauhar, S.Pd
Beserta wali kelas tingkat X TKJ dan Perawat UKS SMKN 1 Panji.

Seluruh siswa TKJ Kelas X mengikuti acara ini dengan semangat dan antusias. Acara ini dimulai saat check in tepat jam 00.00 dan dibuka dengan apel pelepasan siswa PI yang diisi beberapa nasehat guru – guru pendamping dan waka humas. Tepat waktu subuh, rombongan tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah dan mempersiapkan kebutuhan mereka untuk acara inti yaitu berkunjung ke Radnet Surabaya dan APJII Jatim.

Tiba di Kantor Pusat APJII, mereka disambut hangat oleh tim dari Radnet dan APJII, beberapa materi disampaikan disana. Pemberian Cindera Mata juga dilakukan oleh ketua kompetensi keahlian TKJ – SMK Negeri 1 Panji yang diberikan pada perwakilan daei APJII. Ucapan terimakasih saling diucapkan dari mereka. Tak lupa pula foto bersama untuk dokumentasi kegiatan.

Setelah acara inti berakhir, selanjutnya kami melaksanakan kegiatan wisata religi di mesjid Sunan Ampel. Kegiatan sholat serta do’a bersama dilaksanakan secara khusuk yang dipimpin langsung oleh ustadz Anshori ( wali kelas X TKJ 2 ). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan karakter dasar siswa SMKN 1 Panji yaitu taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pusat Perbelanjaan Royal Plaza menjadi tujuan terakhir kami di Surabaya. Ditempat ini kami diberi waktu kurang lebih 2 jam untuk sekedar refresh dan membeli oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Tepat pukul 19:00 WIB kami dikumpulkan untuk persiapan pulang kembali ke kota tercinta. Tepat pukul 00:30 WIB, 24 Januari 2020, kami tiba kembali di SMKN 1 Panji Situbondo.

Dari deretan kegiatan yang dilaksanakan, harapan Guru SMKN 1 Panji Situbondo terhadap siswa/siswi tingkat X TKJ adalah pengetahuan tentang DuDi sudah bisa mereka alami langsung serta juga dapat termotivasi untuk memacu semangat mereka lebih giat dan tekun belajar guna mencapai cita-cita mereka. Kegiatan Pengenalan Industri ini juga dilaksanakan oleh masing-masing program keahlian yang ada di SMKN 1 Panji Situbondo. Sebanyak 14 Program Keahlian melaksanakan kegiatan ini sesuai jadwal masing-masing antara bulan januari sampai pebruari. Kegiatan rutin ini dilaksanakan oleh seluruh siswa tingkat X tanpa terkecuali. Tujuan/DuDi disesuaikan dengan program keahlian masing-masing. Read more “Pengenalan Industri Program Keahlian TKJ ke Radnet & APJII JATIM”