SMK NEGERI 1 PANJI, Sambut Kunjungan Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur dengan Hangat

Jumat (02/10/2020), SMKN 1 PANJI menyambut kedatangan tamu spesial yakni Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Acara yang dimulai pada pukul 19.00 WIB ini bertemakan Ramah Tamah Kepala SMA, SMK, dan PK-PLK bersama Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT., Kepala Bidang PPSMK, Kepala Cabang Dinas wilayah Bondowoso, Kepala SMKN 1 PANJI, Kepala Sarana dan Prasarana SMKN 1 PANJI, Ketua MKKS SMA/SMK Kabupaten Situbondo, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Cabang Dinas wilayah Bondowoso, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 PANJI juga turut serta dalam memeriahkan acara tersebut.

Dengan mengusung konsep layaknya cafe yang mewah dan romantis, seluruh undangan yang mengikuti acara ini terlihat sangat antusias. Selain itu, terdapat stand dari beberapa kompetensi keahlian yakni DKV dan MM. Kompetensi keahlian DKV menyediakan sport foto dan cetak foto gratis. Sementara itu, kompetensi keahlian MM menunjukkan karya 3D yaitu hologram. Adapula susunan acara yang diikuti semalam yaitu pembukaan oleh MC yang didatangkan langsung dari Jember. Selanjutnya, sambutan-sambutan dari Kepala SMKN 1 PANJI, Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M. dan sambutan dari Kacabdin wilayah Situbondo dan Bondowoso, Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.Pd. Inti acara ini yaitu penampilan Fashion Show yang diwakilkan oleh lima siswa SMKN 1 PANJI. Lima siswa tersebut adalah Muhammad Raikhan kelas XII TKJ 2, Cienta Michelle Anastasya Lie kelas X MM, Septa Erliana kelas XII TBs, Ika Firdiana kelas XII TBs, dan Hilda Aminatus Zahro kelas XI OTKP 2. Mereka menampilkan dua konsep yang berbeda yakni batik dan casual yang dirancang langsung oleh siswa Tata Busana. Kegiatan di puncak acara yaitu arahan dan pembinaan dari Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur yang diwakilkan oleh kepala bidang GTK, Ibu Suhartatik.

Hari ini, pada tanggal (03/10/2020) Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT mengunjungi beberapa Teaching Factory yang dimiliki oleh SMKN 1 PANJI. Dengan disambut oleh perwakilan anggota Sagapasska (Paskibra SMKN 1 PANJI) dan Ambalan Panji Satria Wibawa (Pramuka SMKN 1 PANJI), dan Dewan Guru SMKN 1 PANJI sebagai bentuk penghormatan, Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur beserta jajarannya mengunjungi beberapa tefa yang didampingi oleh beberapa Guru SMKN 1 PANJI. Beberapa tefa tersebut diantaranya Lab TKKr, Alfamart SMKN 1 PANJI, Lab TBg, dan RPS (Ruang Praktek Siswa). Selama berada di RPS, sambutan hangat berikan oleh seluruh guru yang hadir. Dibuka oleh penampilan Band SMKN 1 PANJI dan dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Kepala SMKN 1 PANJI dan sambutan kedua oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. ”Tetap semangat dalam membangun inovasi dan memberikan kurikulum yang update dan sesuai dengan perkembangan saat ini.” ujar Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Setelah kegiatan di RPS usai, beliau dan jajarannya melanjutkan kunjungan terakhir ke EdHotel Lotus SMKN 1 PANJI dengan menaiki kereta odong-odong.

Menginjak ke acara selanjutnya yang bertemakan BRAINSTORMING Menuju Jatim Cerdas bertempat di Ballroom. Acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh Kepala SMA/SMK se Situbondo dan anggota Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 PANJI. Ibu-ibu DWP juga menyediakan beberapa produk unggulan khas SMKN 1 PANJI dan Situbondo seperti Dendeng Daun Singkong, Rengginang, Teh Daun Kelor, Kunyit Putih Instan, dan Tanaman Hias.

Acara yang dimulai pukul
09.30 WIB diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin langsung oleh Tim Paduan Suara Dharma Wanita SMKN 1 Panji. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjut dengan pembacaan Shalawat Nariyah bersama Bapak Hasan Ainul Yakin. Adapun sambutan sambutan diantaranya Pembukaan oleh Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bondowoso, Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M.Pd. yang dilanjutkan arahan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur kepada Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 Panji. Arahan tersebut berupa harapan supaya guru dapat mengantarkan siswa untuk mempunyai skill yang baru. Selain itu, beliau juga berharap agar guru memiliki network alumni yang berguna untuk mendata siswa alumni sehingga mengetahui pekerjaan mereka. Beliau juga menyampaikan usulan kepada Kemendikbud berupa Permohonan BOS yang harus sesuai dengan jumlah siswa yang ada.

Usai penyampaian arahan, dilanjut dengan sesi penyerahan cinderamata oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan SMKN 1 Panji kepada beliau. Paduan Suara Dharma Wanita SMKN 1 Panji juga menampilkan beberapa lagu hiburan yang berjudul Medot Janji dan Pamer Bojo. Seusai hiburan, Program Talk Show yang dipandu langsung oleh Bapak Kepala SMKN 1 Panji dan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dimulai. Talk Show yang diliput oleh JTV ini akan ditayangkan pada hari Minggu, 11 Oktober 2020. Dalam perbincangannya, Bapak Kepala Dinas Pendidikan mengutarakan keinginannya agar SMK COE dapat menggandeng SMK lainnya untuk dapat setara. Sesi foto bersama Dharma Wanita Perwakilan SMKN 1 Panji, pengurus Dharma Wanita dan Kepala SMA/SMK Se-Situbondo merupakan penutup dari seluruh rangkaian acara ini. MC BRAINSTORMING Menuju Jatim Cerdas adalah Ibu Titik Suprapti, S.Pd. Beliau menutup acara dengan bacaan Hamdalah.

”SMKN 1 Panji selaku Sekolah Adiwiyata Rujukan harus dapat menjadi Pusat Keunggulan di Jawa Timur”_ ujar Bapak Kadis saat memberi harapannya.

SMK NEGERI 1 PANJI, Suasana Haru Pisah Kenang Ditengah Pandemi

Senin {28/09/2020}, SMKN 1 PANJI menyelenggarakan sebuah acara. Acara tersebut yakni Pisah Kenang dua orang guru SMKN 1 PANJI. Guru tersebut adalah Ibu Irene Susanti dan Ibu Narulita Sugiono, S.Pd. Acara pisah kenang yang bertempat di Ballroom dihadiri oleh seluruh Guru SMKN 1 PANJI.

Acara yang dimulai pada pukul 11.00 WIB, berlangsung dengan penuh haru. Ibu Irene menyampaikan rasa harunya dengan menceritakan bagaimana beliau selama berada dan menjadi keluarga besar SMKN 1 PANJI ini. Dua guru tersebut akan lepas menjadi guru dan keluarga besar SMKN 1 PANJI. Ibu Irene sendiri akan mutasi ke SMKN WONGSOREJO BANYUWANGI, sedangkan Ibu Narulita menyatakan Resign dengan alasan tertentu.

Adapun susunan acara yang telah dilalui yaitu pembukaan oleh MC. MC pada acara kali ini dibawakan oleh Bapak Haryono. Selanjutnya, pembacaan sholawat nariyah dan do’a yang dibawakan oleh Bapak Muin. Setelah itu, sambutan-sambutan. Sambutan pada acara ini disampaikan oleh Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M. selaku Kepala SMKN 1 PANJI, Ibu Irene Susanti, dan Ibu Narulita. S.Pd. Sebelum penutupan, ada pemberian hadiah atau cinderamata kepada Ibu Irene dan Ibu Narulita. Hadiah atau cinderamata mereka dapatkan dari kepala sekolah, guru-guru, bahkan juga dari siswa mereka. Setelah rangkaian susunan acara telah dilalui, akhirnya beranjak ke penutupan dan acara pun berakhir pada pukul 12.30 WIB. Semoga Ibu Irene dan Ibu Narulita nyaman di tempat yang baru dan segala ilmu yang telah beliau amalkan menjadi ilmu yang berkah dan barokah bagi siswanya.

SMK NEGERI 1 PANJI, Mengadakan HUT SMK Ke-55 di Ballroom dengan Siaran Langsung

Kamis {24/09/2020}, merupakan hari yang bersejarah bagi warga SMKN 1 PANJI. Bertepatan dengan tanggal tersebut, acara tahunan yaitu HUT ke – 55 SMKN 1 Panji telah dilaksanakan. Kegiatan yang mengusung tema SIAP MENJADI CENTRAL OF EXCELLENT SMK DI INDONESIA, telah sukses membawa nama baik SMKN 1 PANJI ke kancah Nasional. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah juga didampingi Istrinya, Kacabdin, anggota Komite, Bapak atau Ibu guru dan Tenaga Administrasi Sekolah serta beberapa perwakilan dari OSIS SMKN 1 PANJI juga ikut serta dalam memeriahkan kegiatan ini. Acara HUT tahun ini tidak semewah dan semeriah tahun sebelumnya mengingat adanya Pandemi Covid-19 yang belum usai. Live Youtube SMKN 1 PANJI juga ditayangkan agar siswa-siswi di rumah dapat menyaksikan kemeriahan acara HUT KE-55 SMK NEGERI 1 PANJI.

Adapun susunan acara yang telah dilalui yaitu pembukaan dengan membaca Basmalah yang dipimpin oleh MC yakni Ibu Arum. Selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Meira. Setelah itu, Ustad Abdul Mu’in selaku guru agama memimpin shalawat nariyah bersama.

Memasuki acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M. selaku Kepala SMKN 1 PANJI. Beliau menyampaikan bahwa SMKN 1 PANJI telah berubah statusnya menjadi CENTRAL OF EXCELLENT (COE) dimana SMKN 1 PANJI sebagai SMK pusat unggulan di kancah Nasional. Sambutan kedua oleh Bapak Drs. H. Sugiono Eksantoso, M.M. selaku Kacabdin wilayah Bondowoso – Situbondo. Beliau menyampaikan bahwa SMKN 1 PANJi bisa unggul di berbagai macam bidang diantaranya dalam hal disiplin, menciptakan model pembelajaran, menciptakan inovasi pembelajaran, dan lainnya. Selain itu, SMKN 1 PANJI juga merupakan sekolah yang paling banyak mengikutsertakan guru-gurunya dalam ajang lomba GTK Creative Camp (GCC) Jatim 2020.

Sebelum penutupan berlangsung, diadakan pengumuman pemenang lomba menyanyikan lagu Mars SMKN 1 PANJI. Pesertanya sendiri merupakan Bapak/Ibu guru SMKN 1 PANJI diantaranya Ibu Novi, Bapak Karim, Ibu Juwita, Ibu Anik, Ibu Yudha, Ibu Euis, dan Bapak Amin. Terdapat dua pemenang terbaik yaitu pertama adalah Ibu Euis dan kedua adalah Bapak Karim. Peserta lomba mendapat apresiasi langsung dari Bapak Kepala Sekolah. Selain itu terdapat lomba Tiktok yang bisa diikuti oleh siswa dengan menirukan gerakan yang ditentukan oleh panitia. Adapun aturan lomba yang harus diperhatikan:
1. Siswa wajib memakai masker.
2. Perkelas diwajibkan ikut serta.
3. Boleh memakai kostum unik.
4. Wajib memakai Twibbon yang di share di Instagram SMKN 1 Panji.
5. Mengikuti gerakan yang diinstruksikan.
6. Wajib follow dan mention akun media sosial @SMKN1PANJI, @OSIS.SANSAJI, dan Tiktok Osis SMKN1PANJI.
Penilaian :
1 Ketepatan gerakan.
2. Kretaivitas Video.
3. Keluesan gerakan.
Di samping itu, sekolah juga menyediakan Twibbon agar siswa siswi dapat berpartisipasi dengan menempel foto mereka pada Twibbon yang tersedia.

Pemberian hadiah secara simbolis diwakilkan oleh Kacabdin. Setelah itu, pembacaan Do’a sebagai penutup acara yang dipimpin oleh Bapak Hasan Ainul Yakin. Memasuki acara inti, yakni peniupan lilin oleh Bapak Kepala Sekolah dan pemotongan tumpeng oleh Ibu Popi selaku istri dari Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M.

Semoga dengan bertambahnya usia, sekolah ini semakin banyak mencetak generasi unggul bagi bangsa. Generasi yang tak hanya kaya akan ilmu namun juga mampu menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga keluarga besar SMKN 1 Panji senantiasa menjadi teladan bagi semua, saat ini dan masa yang akan datang.

SMK NEGERI 1 PANJI, Laksanakan Penutupan Pembekalan Project Work dengan Protokol Kesehatan

SMKN 1 Panji kembali mengadakan Pembekalan PKL untuk kelas XI. Pembekalan dilakukan agar siswa mendapat arahan berupa ilmu, etika, etos kerja dan lainnya. Pembekalan kali ini diikuti oleh siswa kompetensi keahlian OTKP, Perhotelan, TBs, dan TKK.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.00 s/d 11.00 WIB. Pembekalan kali ini dibagi di empat tempat yakni bagi kompetensi keahlian OTKP bertempat di Ballroom, kompetensi keahlian Perhotelan bertempat di Meeting Room, kompetensi keahlian TBs bertempat di Lab TBs, dan kompetensi keahlian TKK bertempat di Lab TKK. Kakom dan guru produktif di masing-masing kompetensi keahlian berperan penting dalam pelaksanaan pembekalan ini. Selain itu, juga ada guru BP/BK yang memberikan arahan tentang etika dan moral.

Untuk kompetensi keahlian TKK, Ibu Nur Aini selaku Kakom, Ibu Rini Fariyati dan Ibu Erlin Sufiyani selaku guru produktif, dan Ibu Putri selaku guru BK ikut andil dalam pembekalan ini dengan memberi bimbingan dan arahan kepada siswa TKK sebelum PKL. Kompetensi keahlian Perhotelan, guru produktif, kakom, dan BP/BK juga ikut andil dalam memberi arahan. Diantaranya Bapak Sandi selaku guru produktif sekaligus Korbid Iduka, Ibu April selaku Kakom, Ibu Puput, Pak Dedi Wirangga, dan Bapak Haryono selaku guru produktif, serta Bapak Ummahul Haby selaku BP/BK. Guru-guru yang berperan penting dalam pembekalan pada kompetensi keahlian TBs diantaranya Ibu Trisye selaku Kakom dan Ibu Nyoman selaku guru produktif. Sementara itu, guru-guru yang memberi arahan dan bimbingan pembekalan bagi siswa kompetensi keahlian OTKP diantaranya Ibu Nofi selaku Kakom sekaligus guru Produktif, Ibu Lila dan Ibu Fauziah selaku guru produkif, serta Ibu Retno selaku BP/BK SMKN 1 PANJI juga ikut andil dalam pembekalan ini.

Tepat pada pukul 07.00 s/d 08.00 WIB, pembekalan Project Work dimulai. Selanjutnya pada pukul 08.00 s/d 09.00 WIB, penjelasan tata tertib Project Work. Pukul 09.00 s/d 10.00 WIB, pembekalan etika dan moral oleh BK juga diberikan oleh guru BP di SMKN 1 PANJI. Pukul 10.00 s/d 11.00 WIB, siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi bersama guru pembimbing masing-masing. Acara berakhir pada pukul 10.00 s/d 11.00 WIB.

SMK NEGERI 1 PANJI, Laksankan Pembekalan Project Work dengan Protokol Kesehatan

SMKN 1 Panji kembali mengadakan Pembekalan PKL untuk kelas XI. Pembekalan dilakukan agar siswa mendapat arahan berupa ilmu, etika, etos kerja dan lainnya. Pembekalan kali ini diikuti oleh siswa kompetensi keahlian TKJ, AKL, PKM, RPL, dan BOGA

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.00 s/d 11.00 WIB. Pembekalan kali ini dibagi di empat tempat yakni bagi kompetensi keahlian TKJ bertempat di Bengkel TKJ, kompetensi keahlian AKL dan PKM bertempat di Ballroom, kompetensi keahlian RPL bertempat di Lab RPL, dan kompetensi keahlian BOGA bertempat di Meeting Room. Kakom dan guru produktif di masing-masing kompetensi keahlian berperan penting dalam pelaksanaan pembekalan ini.

Tepat pada pukul 07.00 s/d 08.00 WIB, pembekalan Project Work dimulai. Selanjutnya pada pukul 08.00 s/d 09.00 WIB, penjelasan tata tertib Project Work. Pukul 09.00 s/d 10.00 WIB, pembekalan etika dan moral oleh BK juga diberikan oleh guru BP di SMKN 1 PANJI. Pukul 10.00 s/d 11.00 WIB, siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi bersama guru pembimbing masing-masing. Acara berakhir pada pukul 10.00 s/d 11.00 WIB.

SMK NEGERI 1 PANJI, Siapkan Pelaksanaan Project Work dengan Pembekalan Bertahap

SMKN 1 Panji kembali mengadakan Pembekalan PKL untuk kelas XI. Pembekalan dilakukan agar siswa mendapat arahan berupa ilmu, etika, etos kerja dan lainnya. Pembekalan kali ini diikuti oleh siswa kompeten keahlian APHPi, APHP, dan DKV.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 07.00 s/d 11.00 WIB ini dibuka langsung oleh Ibu Yuris sebagai MC. Selanjutnya yaitu pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Ibu Yuni. Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M selaku Kepala SMKN 1 PANJI juga membuka acara ini sekaligus memberi motivasi kepada siswa siswi yang akan mengikuti kegiatan Project Work. Pembekalan kali ini dibagi di dua tempat, yakni bagi kompetensi kealian DKV bertempat di Meeting Room sedangkan komoetensi keahlian APHPi dan APHP bertempat di Ballroom.

Selanjutnya pada pukul 08.00 s/d 09.00 WIB, Pembekalan Teknis Project Work oleh Kakom, Pengarahan Teknis Pengisian Jurnal Project Work, dan Pengarahan Teknis Penyusunan Laporan Project Work. Pukul 09.00 s/d 09.30 WIB, pembekalan etika dan tata tertib Project Work di Perusahaan juga diberikan oleh guru BP di SMKN 1 PANJI. Pukul 09.30 s/d 10.00 WIB, siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi bersama gu pembimbing teknis. Pukul 10.00 s/d 10.45 WIB, koordinasi siswa dan wali kelas untuk pelaksanaan PTS Ganjil dengan melakukan pendataan portofolio siswa. Acara berakhir pada pukul 10.45 s/d 11.00 WIB.

SMK NEGERI 1 PANJI, Mulai Pembekalan Project Work Pengganti PKL

SMKN 1 Panji kembali mengadakan Pembekalan PKL untuk kelas XI. Pembekalan dilakukan agar siswa mendapat bekal berupa ilmu, etika, etos kerja dan lainnya. Pembekalan kali ini diikuti oleh siswa jurusan APHPi, APHP, dan DKV.

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 07.00 WIB dipandu oleh Ibu Yuris sebagai MC. Kegiatan pembekalan ini dibuka langsung oleh Bapak Suprihartono, S.Pd, M.M selaku Kepala SMKN 1 PANJI yang bertempat di Ballroom. Pembekalan kali ini dibagi dua tempat. Untuk jurusan DKV bertempat di Meeting Room sedangkan jurusan APHPi dan APHP bertempat di Ballroom. Adapun susunan acara Pembekalan Project Work untuk jurusan APHP dan APHPi sebagai berikut :
Pada pukul 07.00 – 07.15, Do’a yang dipimpin oleh Bu Yuni salah seorang guru di SMKN 1 PANJI.
Pada pukul 07.15 – 08.00, merupakan pembukaan oleh Bapak Kepala Sekolah.
Selanjutnya pada pukul 08.00 – 09.00,
– Pembekalan Teknis Project Work oleh Kakom.
– Pengarahan Teknis Pemgisian Jurnal Project Work oleh Ibu Anik.
– Pengarahan Teknis Penyusunan Laporan Project Work oleh Bu Asri.
Pada pukul 09.00 – 09.30, pembekalan etika dan tata tertib Project Work di Perusahaan oleh Ibu Titik Subaidah yang merupakan salah seoranf guru BP di SMKN 1 PANJI.
Pada pukul 09.30 – 10.00, koordinasi siswa bersama guru pembimbing teknis.
10.00 – 10.45, koordinasi siswa dan wali kelas untuk pelaksanaan PTS Ganjil. Disini dilakukan pendataan portofolio siswa.
Dan pada pukul 10.45 – 11.00, Penutup. Pertanda acara telah selesai.

Pemateri untuk jurusan DKV yakni diantaranya Pak Ihwan, Pak Herman, Bu Meira, dan Bu Hermin. Guru-guru tersebut ditunjuk untuk memberi arahan dan bimbingan kepada siswa mengenai tata tertib, etika, etos kerja, dan yang lainnya. Pak Ihwan bertugas memberi bimbingan tentang tekhnis pengisian jurnal. Pak Herman membimbing siswa mengenai penulisan jurnal. Bu Meira memberikan bimbingan dan arahan tentang tata tertib di Du/Di. Sementara Bu Hermin selaku BP, memberikan bimbingan tentang etika atau etos kerja dan attitude selama berada di Du/Di. Setelah pembimbingan selesai, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab. Pemateri mempersilahkan siswa untuk menanyakan sesuatu mengenai hal yang dibahas tadi yang menurutnya masih kurang jelas.

SMK Negeri 1 Panji, Adakan Sosialisasi Penerimaan Anggota TNI Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Ditengah-tengah masa percobaan pembelajaran tatap muka, adanya sosialisasi diperlukan. Kesadaran semua orang khususnya siswa akan pentingnya penerapan aturan protokol covid sangatlah dibutuhkan. SMKN 1 Panji merupakan sekolah SMK pertama di Situbondo yang menerapkan percobaan pembelajaran tatap muka. Dengan berbagai pertimbangan dan persiapan telah dilakukan, percobaan pembelajaran tatap muka yang dimulai sejak Selasa, 8 September 2020 kemarin berjalan dengan lancar.

Kodim 0823 mengadakan sosialisasi di SMKN 1 Panji pada 10 September 2020. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh 5 siswa perwakilan dari setiap kelas XII. Sosialisasi ini bertemakan “Kampanye Kreatif dan Werfing”. Sosialisasi tersebut disampaikan dengan tujuan mengajak kepada para siswa untuk bergabung mengabdi kepada Negara Indonesia melalui TNI. Kabag Humas Personalia selaku moderator atau pembicara menjelaskan tentang pendaftaran Tamtama dan Bintara, meliputi persyaratan dan gelombang penerimaan. Beliau juga menjelaskan tentang pentingnya menjaga NKRI. Selain beliau, acara ini juga dihadiri oleh Kepala SMKN 1 Panji yang diwakili oleh Waka Humas.

Setelah sesi penjelasan usai, sesi tanya jawab juga disediakan diakhir sosialisasi serta ditutup dengan foto bersama. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan terkendali.

SMK Negeri 1 Panji Jalankan Uji Coba Tatap Muka Dengan Protokol Kesehatan

Pandemi Covid-19 menimbulkan dampak di berbagai bidang, salah satunya di bidang Pendidikan. Sesuai Program Gubernur Jawa Timur tahun 2020 telah merealisasikan program Percobaan Pembelajaran Tatap Muka. Program ini dibatasi hanya untuk wilayah berzona hijau, kuning, dan oranye. Sementara wilayah dengan zona merah tidak diperbolehkan melaksanakan program tersebut.

Sesuai program tersebut, SMKN 1 Panji dapat melakukan program tersebut. Di SMKN 1 Panji sendiri, Percobaan Pembelajaran Tatap Muka dimulai dari hari ini tanggal 18 Agustus 2020 hingga satu bulan kedepan. Manakala kegiatan ini dirasa aman dan tidak menimbulkan klaster baru, maka pihak sekolah akan melanjutkan hingga satu bulan kedepan. Menurut data, terdapat 25% dari jumlah keseluruhan siswa yang mengikuti percobaan pembelajaran tatap muka di tiap harinya. Pembelajaran ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yakni ruang kelas dan ruang lab. Untuk mata pelajaran sementara yakni hanya mata pelajaran produktif saja, mengingat durasi pembelajaran yang sangat singkat sekitar 30 menit di setiap mata pelajarannya. Sementara itu, mata pelajaran reguler masih tetap dilaksanakan secara daring atau online. Di setiap harinya telah dibagi menjadi 4 sesi yang dimulai pukul 07.00 sampai selesai. Setiap sesinya, hanya 9 siswa saja yang diizinkan mengikuti kegiatan ini sesuai urutan absen di masing masing kelas. Untuk jadwal hari ini yakni semua jurusan kecuali jurusan TKJ.

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, tentunya pihak sekolah telah mempersiapkan segala persiapannya dengan matang dimulai dari angket persiapan guru dalam mengajar, angket wali murid, serta sarana dan prasarana yang telah memenuhi protokol kesehatan. Untuk angket kesiapan guru, 100% guru SMKN 1 Panji telah siap untuk mengajar. Sementara itu, untuk angket wali murid sendiri, apabila terdapat wali murid yang tidak menyetujui akan hal ini, maka pihak sekolah tidak akan memaksa. Akan tetapi, siswa tersebut diwajibkan mengikuti pembelajaran secara daring dan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. SMKN 1 Panji telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang telah sesuai dengan protokol kesehatan diantaranya mewajibkan memakai masker, tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan, menyediakan tempat cuci tangan, mengecek suhu tubuh siswa sebelum memasuki area sekolah, mengatur tempat duduk siswa dengan jarak sekitar 1 meter, mensterilkan ruangan kelas dan lab sebelum dan sesudah digunakan, dan surat pernyataan dari wali murid.

“Semoga seluruh siswa tetap mematuhi protokal kesehatan yang telah ditetapkan oleh sekolah dan semoga tidak ada klaster baru di lembaga pendidikan serta Slsemoga wabah atau pandemi ini segera berlalu agar seluruh siswa dan siswi di seluruh Indonesia dan khususnya di SMKN 1 Panji bisa kembali belajar di sekolah seperti sedia kala lagi”, ujar pak dimas saat diwawancarai.

Dharma Wanita SMK Negeri 1 Panji, Raih Prestasi di Tengah Pandemi

Bulan Agustus merupakan bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Dimana pada bulan ini tepatnya 17 Agustus 2020 diperingatinya HUT RI yang ke 75. Dalam rangka menyambut HUT RI ke 75, Dharma Wanita Persatuan cabang Dinas Pendidikan wilayah Bondowoso Kabupaten Situbondo menyelenggarakan Launching Kantin dan Lomba Bazaar yg diikuti oleh seluruh lembaga SMA/SMK/PKLK se Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu memperkenalkan hasil produk dan membuat inovasi serta strategi yg baru dari setiap lembaga DWP SMA/SMK/PKLK Kabupaten Situbondo. Kegiatan yang bertemakan memperkenalkan hasil produk unggulan lembaga DWP SMA/SMK/PKLK di Kabupaten Situbondo, dilaksanakan pada Senin, 03 Agustus 2020 kemarin. Kegiatan yang dimulai pada pukul 13.00 – 17.00 WIB ini bertempatkan di halaman kantor cabang Dinas Pendidikan wilayah Bondowoso di Situbondo.
Lomba bazaar diselenggarakan oleh DWP Cabang Dinas Pendidikan wilayah Bondowoso Kabupaten Situbondo. Panitia dari lomba ini adalah Ibu ketua Dharma Wanita. Adapun kriteria penilaian lomba bazaar ini yaitu meliputi :
1. Dekorasi stand
2. Produk yang dijual
3. Pemasaran
4. Kesesuaian kostum dan tema stand
5. Kebersihan dan kerapian stand. Penilaian tersebut dilakukan oleh tim Juri dari tim penggerak PKK Kabupaten Situbondo.
SMKN 1 Panji tentunya ikut andil dalam Lomba bazaar ini. Stand bazaar SMKN 1 Panji dikunjungi oleh bapak Wakil Bupati beserta Ibu dan bapak Sekda beserta Ibu Sekda. Beliau memberikan apresiasi yang tinggi kepada SMKN 1 Panji bahwa produk SMKN 1 Panji tidak kalah saing dengan produk yang ada di Supermarket maupun Toko-toko besar lainnya. Produk SMKN 1 Panji memiliki cita rasa yang khas dan mengangkat kearifan lokal Kabupaten Situbondo yang siap untuk dipasarkan.
Alur pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu mengadakan koordinasi dengan seluruh pengurus bidang ekonomi DWP SMKN 1 Panji yang melibatkan tim kreatif dan tim TEFA SMKN 1 Panji. Mereka berkontribusi sejak awal sampai akhir dalam kegiatan ini. Karena dukungan dan kontribusi dari semua pihak, akhirnya SMKN 1 Panji menjadi Juara 1 lomba bazaar DWP Cabang Dinas Pendidikan wilayah Bondowoso Kabupaten Situbondo.