SMK NEGERI 1 PANJI Tetap Jadwalkan PPDB di Tengah Pandemi COVID-19

SMKN 1 Panji menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 sejak tanggal 27 April 2020. Namun, tahun ini terlihat berbeda daripada tahun sebelumnya. Pasalnya tahun 2020 ini sedang dilanda pandemi Covid-19 sehingga membuat sistem PPDB sedikit berubah.

Ada sistem tambahan yang membuat PPDB tahun ini berbeda, yaitu Sesi Pra Pendaftaran, kemudian dilanjutkan dengan sesi berikutnya, seperti tahap pertama, tahap kedua, dan tahap ketiga. Pada sesi pra Pendaftaran yang dilakukan pada tanggal 27 April s/d 09 Mei 2020, pihak sekolah SMP harus menginput nilai raport siswa siswanya. Nilai raport tersebut meliputi nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA layaknya nilai nilai UNBK seperti pada umumnya. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui alamat web yaitu rapor.ppdbjatim.net.

Setelah memenuhi sesi pra Pendaftaran, dilanjutkan dengan tahap pertama yang dilakukan pada tanggal 08 s/d 20 Juni 2020. Di sesi ini, operator SMKN 1 Panji mencetak PIN dan menentukan titik rumah peserta didik secara online yang nantinya akan diverifikasi oleh operator SMKN 1 Panji. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi seperti Surat Keterangan Lulus (SKL), Kartu Keluarga (KK), dan Surat Keterangan tidak buta warna serta tinggi badan bagi jurusan jurusan tertentu.

Di tahap kedua, para peserta didik baru dapat memilih jalur untuk dapat mendaftar di SMKN 1 Panji. Jalur jalur yang dapat diikuti oleh calon peserta didik yaitu jalur afirmasi (bagi siswa tidak mampu), jalur perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi. Jalur afirmasi ini diselenggarakan pada tanggal 15 s/d 16 Juni. Bagi siswa yang mendaftar melalui jalur ini, diwajibkan melampirkan surat atau kartu yang menyatakan siswa tersebut tidak mampu, seperti KIP, SKTM, dll. Selain jalur afirmasi, adapula jalur perpindahan tugas orang tua yang diwajibkan membawa syarat yaitu surat tugas dari Instansi, Lembaga, Kantor, atau Perusahaan yang menugaskan. Jalur Prestasi juga tersedia di tahap kedua ini. Dengan membawa syarat seperti sertifikat lomba baik akademik maupun non akademik, sertifikat tersebut harus dilegalisasi oleh lembaga terkait. Untuk dapat mendaftar di setiap jalur, calon peserta didik baru wajib melampirkan PIN beserta persyaratan persyaratan tersebut.

Pada tahap ketiga tanggal 25 s/d 27 Juni, tersedia satu jalur untuk para peserta didik baru, yaitu jalur reguler dengan persyaratan berupa penyerahan PIN kepada operator SMKN 1 Panji. Setelah persyaratan dari setiap jalur jalur tersebut dipenuhi, daftar ulang pun dapat dilakukan oleh calon peserta didik baru tersebut. Ada 3 jurusan yang harus diisi dan dipilih oleh setiap calon peserta didik baru. Pengisian tersebut melalui http://tiny.cc/ppdbsmkn1panji. Tahun ini, tercatat ada 792 siswa yang akan diterima di SMKN 1 Panji ini. “Harapan saya adalah semoga semua pagu dapat terisi semua oleh siswa siswanya”, ujar Pak Dimas Kurniawan selaku Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Panji saat memberikan harapannya.

SMK Negeri 1 Panji Umumkan Kelulusan Alumni Angkatan Tahun 2020 Tepat Di Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas adalah Hari Nasional yang diperingati setiap tanggal 02 Mei sebagai bentuk penghormatan kita kepada salah satu pahlawan Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara selaku tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Bertepatan dengan hari pendidikan nasional ini, seluruh SMA/K di Indonesia melakukan pengumuman terkait Kelulusan Siswa Siswi kelas XII. Hal tersebut juga dilakukan oleh SMKN 1 Panji. Tepat Pukul 10.00 WIB, SMKN 1 Panji mengeluarkan pengumuman keputusan mengenai kelulusan kelas XII. Namun tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana para siswa kelas XII menerima hasil pengumuman kelulusannya tersebut melalui Website SMKN 1 Panji dalam bentuk file, bukan berupa kertas yang berisi hasil pengumuman seperti tahun lalu. Hal itu tak membuat siswa siswi yang lulus bersedih, namun justru bergembira walaupun hanya melalui sebuah file.

Sebelum pengumuman terkait kelulusan dikeluarkan, Jumat, (01/05/2020), Pokja Kurikulum telah melaksanakan Rapat Pleno Verifikasi Kelulusan. Rapat ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Peraturan Pemerintah mengenai Social Distancing, yaitu secara online via aplikasi Zoom. Rapat Pleno tersebut diikuti oleh Kepala Sekolah, Waka, Kakom, seluruh Bapak dan Ibu guru, serta guru BP/BK. Hasil rapat Pleno menetapkan bahwasanya ada sekitar 720 siswa kelas XII yang telah dinyatakan lulus.

Beberapa persyaratan agar siswa siswa kelas XII dapat lulus juga telah dibuat oleh pihak sekolah, seperti para siswa wajib menyelesaikan pembelajaran dengan baik selama berada di SMKN 1 Panji, para siswa mengikuti Ujian Nasional hingga tuntas, dan para siswa berperilaku baik selama bersekolah di SMKN 1 Panji. Selain itu, pihak sekolah meminta kepada para siswanya yang telah dinyatakan lulus agar tidak melakukan segala bentuk aksi perayaan kelulusan, seperti konvoi akbar dengan sepeda motor, corat coret baju, berkumpul di tempat tongkrongan tanpa alasan yang jelas, dan lain sebagainya. Hal tersebut sebagai bentuk peduli terhadap pemutusan rantai covid 19 yang saat ini menjadi momok di semua kalangan. “Semoga mereka semua bisa mengoptimalkan dan melaksanakan dengan baik segala ilmu yang mereka peroleh selama di sekolah dan dapat menjadi manusia yang berguna dan dibergunakan oleh semua kalangan masyarakat”, harapan Pak Dimas Kurniawan selaku Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Panji.

Para Designer Busana SMK Negeri 1 Panji Turut Membantu Pemprov Jawa Timur Dengan Membuat Baju hazmat

SMKN 1 Panji Situbondo turut berkontribusi untuk para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam perlawanan terhadap virus Corona dengan membantu Dinas Pendidikan Pemprov Jatim dalam pembuatan baju Alat Pelindung Diri ( baju hazmat ). Bahan kain 1 roll parasut waterproof beserta desainnya disediakan oleh Dinas Pendidikan Pemprov Jatim. Desainnya adalah coverall ( dari kepala hingga mata kaki tertutup dalam satu terusan baju ). Bagian yang terbuka hanya di muka, telapak tangan dan bawah mata kaki. Tujuan memakai model coverall agar baju tersebut bisa memberikan perlindungan 360 derajat ke seluruh tubuh. Dalam proses pembuatannya melibatkan ibu-ibu guru produktif Tata Busana, siswi dan alumni. 38 baju APD bisa terselesaikan pada hari Sabtu, tanggal 4 April 2020 dan sudah diserahkan kepada pihak Dinas Pendidikan Pemprov Jatim. Nantinya baju APD tersebut akan didistribusikan di sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19.
Dengan pengalaman membuat baju APD sebelumnya maka ada pihak luar sekolah yang juga ingin dibantu menjahitkan baju APD. Bekerjasama dengan Komunitas Laskar Peduli Situbondo, sebuah komunitas sosial yang mempunyai program “Situbondo Melawan Virus Corona (COVID-19)”, maka dalam waktu 2 hari pesanan tersebut dikerjakan. Bahan kain 1 roll yang disediakan pihak komunitas sama persis dengan bahan kain dari pesanan APD sebelumnya. SMKN 1 Panji Situbondo berhasil menuntaskan 38 baju APD ukuran XL yang diserahkan pada pihak komunitas di hari Sabtu, tanggal 11 April 2020. Semoga bentuk kepedulian SMKN 1 Panji Situbondo dalam membantu pembuatan baju APD membuat para tenaga medis bisa terlindungi dalam merawat para pasien.

Program Tahunan USBN Berubah Istilah Menjadi USPBK

 

SMK Negeri 1 Panji (24/02/20) memulai USPBK. USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) merupakan salah satu program pendidikan Indonesia untuk meninjau pengetahuan siswa dan siswi. Kini istilah USBN telah berganti nama menjadi USPBK (Ujian Satuan Pendidikan Berbasis Komputer). USPBK sama halnya dengan USBN yaitu mengerjakan soal-soal ujian dari semua mata pelajaran di sekolah. Dengan berkembangnya teknologi, saat ini ujian tidak lagi menggunakan kertas melainkan menggunakan komputer. Dengan ujian berbasis komputer, tentu banyak berpengaruh terhadap kemampuan siswa mulai dari kemampuan materi kognitif maupun keterampilan lainnya serta mengurangi tingkat kecurangan dalam sebuah ujian.

SMK Negeri 1 Panji mulai melaksanakan USPBK pada tanggal 24 Februari 2020 sampai 5 Maret 2020. Untuk terlaksananya kegiatan tersebut dengan lancar, tentu pihak sekolah telah melakukan persiapan dengan matang. Mulai dari mempersiapkan ruangan ujian yang terdiri dari 12 ruang lab dan 12 ruang ujian tulis, menugaskan sebanyak 24 pengawas ujian, serta membuat jadwal sesi ujian untuk siswa kelas XII.

USPBK diikuti oleh seluruh siswa dan siswi kelas XII. Mereka melaksanakan USPBK dengan masing-masing persiapan yang telah dilakukan. Mempelajari semua materi mulai dari materi yang didapat pada saat kelas X hingga kelas XII seperti materi Normatif, Adaptif, dan Produktif. Dengan dibagi menjadi 3 sesi waktu ujian, USPBK terlaksana dengan lancar dan aman. Yaitu sesi 1 dimulai dari pukul 07.00 – 10.00 WIB, sesi 2 dimulai dari pukul 10.15 – 13.15 WIB, dan sesi 3 dimulai dari pukul 13.30 – 16.30 WIB. Dengan ujian berbasis komputer, tentu nilai yang akan didapat adalah nilai murni dari siswa itu sendiri. Nilai tersebut dapat dilihat di server pada saat selesai melaksanakan ujian agar siswa dapat mengetahui sejauh mana kemampuannya. Seluruh siwa kelas XII diwajibkan untuk mengikuti USPBK, karena ini merupakan salah satu syarat kelulusan.

Selama beberapa pekan, USPBK terlaksana dengan lancar dan tanpa kendala. Hal tersebut tentu diinginkan oleh pihak sekolah SMK Negeri 1 Panji. ‘Harapannya seluruh siswa bisa mengikuti ujian dari awal hingga akhir dan bisa lulus 100%’ ucap Pak Paimin selaku Waka Kurikulum saat diwawancarai. USPBK menentukan kelulusan setiap siswa, dan bisa membawanya menuju perguruan tinggi yang diinginkan.

Pengenalan Industri Kompetensi keahlian APHPP di PT Yakult

 

SMK Negeri 1 Panji (20/02/2020), tanggal cantik satu ini menjadi hari dilakasanakannya Pengenalan Industri Kompetensi Keahlian APHPP. Pengenalan Industri adalah suatu kegiatan tahunan yang dilakukan oleh siswa-siswi kelas X SMK Negeri 1 Panji Situbondo, khususnya kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian. Dalam Pengenalan industri, siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah perusahaan beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja Industri.

Kegiatan Pengenalan Industri ini akan menunjukan tentang banyak hal yang ada dalam lapangan kerja agar siswa tidak kaget supaya terbiasa menerima pekerjaan atau bekerja dengan sesuai keahlian. Kunjngan industri ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa-siswi agar mereka bisa bekerja dengan situasi dan kondisi apapun. Jadi dengan adanya Pengenalan industri siswa-siswi dapat diharapkan dengan cepat bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan perusahaan atau dunia kerja dan juga dapat menambah berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia industri. Kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian mengadakan kegiatan pengenalan industry ke PT Yakult Persada Indonesia tepatnya dikawasan industry pabrik Yakult Mojokerto, yang berlokasi di Ngoro Industrial Park – Blok CC No. 1, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Pabrik yang dibuka pada 20 Januari 2014 ini merupakan pabrik kedua, sedangkan pabrik pertama ada di wilayah Cicurug, Jawa Barat, dibangun pada 1997. Istimewanya biaya berkunjung ke pabrik Yakult gratis alias tidak dipungut biaya. Yakult sebagai minuman probiotik yang peduli akan kesehatan masyarakat Indonesia, membuka program untuk kunjungan industri sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan khususnya kesehatan pencernaan.

Rangkaian pelaksanaan acara antara lain :
• Sambutan
• Penjelasan kesehatan
• Pemutaran film
• Sejarah perusahaan
• Melihat proses produksi pabrik
• Sesi tanya jawab

Seperti agenda kunjungan ke pabrik pada umumnya, peserta dilarang untuk mengambil gambar, dan hanya diperbolehkan berfoto ria di lokasi yang telah ditentukan. Pada saat pelaksanaan kunjungan ke pabrik Yakult, fasilitas yang kami dapat berupa :
• 3 botol yakult
• Snack
• Souvenir
Setelah pelaksanaan berkunjung ke pabrik Yakult, kami mendapat wawasan tentang keistimewaan Yakult diantaranya : tanpa menggunakan bahan, pengawet, tanpa zat pewarna,hanya memiliki satu rasa dan satu warna, dibuat secara higienis, mendapatkan pengakuan dari badan POM MUI yang diperbarui setiap 2 tahun sekali.

Pelaksanaan ini dilakukan bertujuan untuk memberi wawasan tentang pengolahan yang ada di PT Yakult Persada Indonesia. Serta selain wawasan, diharapakan juga dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa-siswa kelas X Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Khususnya.

SMK Negeri 1 Panji Menjadi BEST TRAINEE PERHOTELAN DAN TATA BOGA

SMK Negeri 1 Panji (25/02/2020), Best Trainee adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh Waringin Hospitality Group kepada siswa PKL terbaik dimana mereka telah melalui tahap seleksi di tempat Industri / Hotel yang mereka tempati. Untuk mendapatkan penghargaan tersebut, seluruh siswa SMK Pariwisata Kompetensi Keahlian Perhotelan Dan Jasa boga di Jawa Timur bersaing secara sehat. Adapun siswa – siswi yang meraih penghargaan tersebut atas nama Muhammad Fillah F ( XI AP 2 ) meraih Juara 1, Raditya Parameswari ( XI AP 2 ) meraih Juara 2, dan Ahsan Nur Taufik ( XI AP 1 ) meraih Juara 3 sebagai peraih The Best Trainee. Mereka mengikuti seleksi tersebut di lokasi PKL, yaitu Hotel Luminor Jemursari Surabaya dan Hotel Luminor Sidoarjo.

Selain tiga siswa tersebut, beberapa siswa yang lokasi PKL bertempat di luar hotel tersebut atas nama Merry Putri ( XI AP 2 ) mendapat predikat The Best Trainee di Hotel Pasuruan dan mendapatkan hadiah voucher menginap di Hotel Horizon, Yogie Candra Arief Wicaksono ( XI JB ) yang terdaftar dalam nominasi Best Trainee selama dua bulan berturut – turut di Hotel Bumi Surabaya dimana Hotel tersebut terkategori dalam Hotel Bintang 5 di Surabaya, dan Fitriyatul Hasanah dan Nor Rohidatul Risma ( XI JB ) yang telah memperoleh nilai terbaik di Hotel Meotel Jember sehingga mereka mendapat kesempatan casual di hotel tersebut. Selain siswa, ada juga beberapa guru yang mendampingi jalannya acara ini, yaitu Ibu Puput Rahmawati dan Ibu Aprilani Tri Kurniawati.

Selain berprestasi, Peraih The Best Trainee juga memiliki Dedikasi dan Kedisiplinan serta Attitude yang baik selama menjalankan PKL dan telah mengikuti seleksi. Mereka mendapatkan Hadiah Beasiswa Pendidikan berupa uang tunai sebesar Rp 3.000.000-, Rp 2.000.000-, dan Rp 1.500.000-. Beasiswa tersebut digunakan selama mereka menempuh pendidikan di sekolah. Selain itu, peraih The Best Trainee akan mendapatkan prioritas sebagai karyawan pada saat mereka lulus sekolah nanti apabila Waringin Group membutuhkan dan siap ditempatkan di seluruh Indonesia

“Harapannya semoga kelak adik kelas saya bisa lebih dari ini ketika mereka PKL atau Magang di Waringin Group dan terus belajar untuk meraih prestasi yang membanggakan orang tua dan sekolah”, harapan dari salah satu peraih The Best Trainee ketika diwawancarai.

Kunjungan Industri Untuk Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga dilaksanakan di Hotel Luminor

SMK Negeri 1 Panji (19/02/2020), Kunjungan industri untuk Kompetensi Keahlian Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga dilaksanakan. Kunjungan indrusti merupakan kegiatan yang dilakukan guna memperkenalkan perindustrian yang sesuai dengan kompetensi keahlian mereka. Kunjungan industri ini dilakukan oleh semua civitas SMK di seluruh Indonesia, salah satunya SMK Negeri 1 Panji Situbondo.

Kunjungan industri kali ini dilakukan di Hotel Luminor Jermusari Surabaya. Kunjungan ini dilakukan oleh beberapa guru pendamping yang bersangkutan dengan kompetensi keahlian tersebut seperti KAKOM, Wali Kelas, Guru Bidang Study, dan beberapa guru lainnya. Para siswa yang turut serta dalam kunjungan ini terdiri 68 siswa dari Akomodasi Perhotelan (AP) dan 67 siswa dari Tata Boga (TB). Hotel yang kali inidikunjungi merupakan hotel dari Waringin Hospitality dan ibu Sadang Purnawati sebagai manajernya. Kedua Kompetensi keahlian tersebut disambut baik oleh manager dan telah menjalin kerja sama Kelas industri dengan Group Waringin Hospitality.

Acara yang dilaksanakan di hotel tersebut yaitu ; Memperkenalkan tentang Company Profile, Table Manner, dan Hotel Tour. Dalam Table Manner para siswa diperkenalkan dengan tata cara penyajian dan alat alat saji yang digunakan di hotel tersebut. Selain itu, para siswa juga diperkenalkan dengan Hotel Tour yang di dalamnya memperkenakan dengan beberapa departemen yang ada di hotel tersebut.

Pemberangkatan kunjungan ini dilaksankan tepat pukul 00.00 WIB di halaman SMK Negeri 1 Panji, dan sampai kembali di SMK Negeri 1 Panji juga pukul 00.00 WIB. Antusisme siswa yang turut serta sangatlah terlihat di setiap senyuman para siswa. Dengan ini diharapkan siswa dapat mengenal DUDI mereka sebelum mereka melaksanakan PKL nanti di kelas XI.

Uluran Tangan Civitas SMK Negeri 1 Panji Untuk Korban Banjir Bandang, Sempol, Bondowso

SMK Negeri 1 Panji (9/02/2020), beberapa Ekstrakurlikuler SMK Negeri 1 Panji, yaitu KOMPASAJI, OSIS, SAGAPASKA, serta PARMASTUAJI melakukan bantuan donasi kepada korban bencana banjir bandang di daerah Sempol, Bondowoso. Bantuan donasi tersebut dikumpulkan terlebih dahulu dengan menyelenggarakan kegiatan penggalangan dana dari setiap warga SMK Negeri 1 Panji untuk mendonasikan sedikit rejekinya bagi korban bencana alam tersebut.

Beberapa anggota ekstrakulikuler dan pembina turut serta saat pembagian hasil donasi tersebut. Tangisan haru terlihat dari korban banjir bandang tersebut dimana hal tersebut mengundang sedikit tetesan air mata. Pertolongan yang mereka berikan sangat mereka butuhkan sehingga sangat disambut hangat oleh para korban.

Hasil donasi yang terkumpul diantaranya 50 kg beras dan 3 dus mie serta beberapa makanan ringan lainnya. Selain itu Uang dan pakaian dari anak – anak sampai orang dewasa di donasikan kepada korban banjir bandang tersebut. Warga SMK Negeri 1 Panji berharap agar desa Sempol kembali dapat beraktifitas dengan normal. Serta harapan agar bencana banjir tidak lagi terjadi sangatlah besar bagi para korban. Para korban juga berharap rumah mereka cepat direnovasi agar mereka dapat tinggal kembali di tempat tinggal mereka.

Dengan melakukan kegiatan sumbangan ini, secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa iba dan empati yang besar kepada warga SMK Negeri 1 Panji. Kegiatan ini juga dapat menunjukkan sikap sosial mereka terhadap orang orang yang membutuhkan bantuan.