Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)

Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) adalah suatu jurusan SMKN 1 Panji yang memberikan pembelajaran tentang berbagai informasi layanan di bidang Administrasi Perkantoran. Pelajaran produktif yang didalami oleh siswa dalam program keahlian ini diataranya Korespondensi, Kearsipan, Administrasi Umum, Teknik Perkantoran, Keuangan, Sarana Prasarana, Humas, dan Kepegawaian. Selain itu, pengelolaan surat, baik pembuatan surat maupun menyimpan (arsip) surat tersebut, cara mengetik cepat dengan 10 jari, cara berbicara, cara menelpon, cara pengoperasian microsoft, baik word, power point, dan excel, berpresentasi, dan mengatur rapat juga mereka perdalami di program keahlian ini

Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat.
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efesien.
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawab.
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai dengan standar operasional dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga.
  5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak.
  6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
  7. Mendidik peserta diklat dengan kehlian dan keterampilan Administrasi Perkantoran  bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.

Untuk laboratorium pada program keahlian OTKP sendiri hanya punya satu lab dimana di dalamnya terdiri dari komputer yang digunakan untuk pembelajaran menggunakan media komputer. Di dalam laboratorium ini juga tersedia mesin ketik, telepon, beberapa lemari arsip sesuai fungsinya. Lab ini biasa digunakan sebagai praktek sehingga para siswa mengenai langsung penggunaan setiap media atau alat kantor tersebut.

  1. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap profesional dalam kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran
  2. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan  sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan

Sehingga lapangan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi keahlian ini adalah instansi perkantoran, instansi pemerintah, perusahaan-perusahaan jasa dan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan.

KETUA KOMPETENSI KEAHLIAN :

Nama :    NOVI INDRIYANA WULANDARI, S.Pd, M.Pd

NIP :    197911012007012008

NUPTK :    2433757657300001

Tempat Tanggal Lahir :   Situbondo, 1 November 1979

Mengajar : Produktif Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran