ADU SENGIT SKILL PESERTA LKS BIDANG LOMBA HOTEL RECEPTION

                Lomba Kompetensi Siswa untuk SMK kembali digelar. Di Jawa Timur, ajang tahunan yang mengadu bakat dan kompetensi siswa SMK tersebut terbagi menjadi empat wilayah kerja. Suatu kehormatan bagi SMKN 1 Panji terpilih sebagai tuan rumah wilayah kerja 2 Provinsi Jawa Timur.  SMKN 1 Panji mendapat kesempatan sebagai tempat pelaksanaan beberapa bidang lomba, seperti digital marketing, food technolgy, Billingual Secretary dan hotel reception.

                Hotel reception merupakan bidang lomba dalam keahlian Akomodasi Perhotelan. Kompetensi ini mengutamakan keahlian siswa dalam penguatan informasi dalam pelayanan dasar perhotelan dan pencetak tenaga ahli yang berkompeten dalam pusat pemenuhan kebutuhan akomodasi. Lomba yang digelar selama tiga hari tersebut, terhitung tanggal 24-26 Januari 2022  terdiri dari serangkaian kegiatan, seperti personal presentation, berupa sesi tanya-jawab seputar pengalaman dan hal yang bersangkutan tentang diri setiap peserta, tourist information yakni peserta berbagi informasi yang ditanyakan seputar kawasan lokal dan pelayanan, simulasi check-in/check-out hotel, penilaian komunikasi dimana juri melakukan tanya jawab dan roleplay (bermain peran) tentang proses pemesanan kamar atau dialog tentang fasilitas kamar hotel sekaligus menguji kecakapan komunikasi peserta saat berhadapan dengan pengunjung, serta penilaian kalkulasi yang berfokus pada perhitungan tarif sewa kamar.

                Bertempat di meeting room SMKN 1 Panji, kegiatan lomba ini mempertemukan siswa-siswi andalan dari beberapa sekolah kompetensi keahlian perhotelan, diantaranya SMK Muhammadiyah Banyuwangi,  SMKN 1 Banyuwangi , SMKN 2 Bondowoso, SMK 17 Agustus 1945 Cluring,  SMKN 2 Lumajang dan SMKN 1 Pani Situbondo sendiri. Kegiatan lomba senantiasa mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak saat berinteraksi dan selalu mencuci tangan.

                Harapannya dengan terlaksananya gelaran tahunan ini para peserta lebih banyak memperoleh pengalaman baru dari kompetitor yang turut serta hadir, mengambil pelajaran dalam menghadapi para pengunjung hotel yang memiliki karakter dan permasalahan yang beragam, serta mampu meningkatkan komunikasi bahasa asing saat bertemu pengunjung mancanegara.

Write a Comment

Leave a Reply