DUEL SKILL DAN AKHIR DARI LOMBA HOTEL RECEPTION SEASON 2

Lomba Kompetensi Siswa di bidang Hotel Reception Selasa, 25 Januari 2022 sudah memasuki hari kedua dan sekaligus menjadi hari penentu nama-nama dari sekolah mana yang menjadi kandidat untuk masuk ke tingkat Provinsi. Adanya lomba ini untuk mengukur dan mengasah kemampuan para siswa-siswi SMK di bidang Hotel Reception dalam memahami praktik yang di ajarkan selama menempuh pendidikan di sekolah kejuruan serta melihat sejauh manakah para siswa-siswi  siap turun ke dunia kerja.

Layaknya sebuah film, hari ini adalah sesi kedua adu kemampuan kembali. Memulai urutan penampil berasal dari SMK Muhammadiyah Genteng bernomor peserta 7, dilanjutkan dengan urutan ke-8 dari SMKN 3 Probolinggo, nomer urut 9 dari SMKN 3 Jember, nomer urut 10 dari SMK 17 Muncar, dan terakhir dari SMKN Prigen. Mereka diberikan tantangan berupa roleplay hotel reception dan pengunjung di penginapan yang mana akan diperankan langsung oleh dua orang juri yang sudah ahli dibidangnya.

Tahapan lomba tidak jauh berbeda dari hari sebelumnya, mulai dari penilaian empat poin seperti personal presentation, comunication skill, reception skill, dan  reservation skill. Waktu dimulainya lomba pun tidak berbeda yakni dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Siang hari setelah waktu ishoma, pada pukul  14.00 adalah sesi evaluasi dan pengumuman pemenang yang masuk lima besar dan peserta yang lolos adalah SMKN 3 Jember, SMKN 1 Banyuwangi, SMKN 3 Probolinggo, SMK 17 Agustus 1945 Muncar, dan SMKN 1 Panji Situbondo. Peserta nampak totalitas dan berusaha semaksimal mungkin bermain peran demi menampilkan yang terbaik.

“Ada antusiasme dari sekolah untuk mewakilkan peserta didiknya bukan hanya masalah gengsi, tapi kita bisa mengukur kekurangan kita masing-masing”  ujar Arif Mardiono, S. S, S. Tr. Par saat ditanyai mengenai harapan diselenggarakannya lomba ini.

Write a Comment

Leave a Reply