HARI PERTAMA LOMBA KOMPETENSI SISWA WILKER II BIDANG LOMBA FOOD TECHNOLOGY

Hari pertama Lomba Kompetensi Siswa Wilker 2 Jawa Timur dilaksanakan pada Senin, 24 Januari 2022 bertempat di SMK Negeri 1 Panji Situbondo. Ada beberapa bidang lomba yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Panji salah satunya yaitu Food Technology .

Food Technology adalah kegiatan yang bergerak dalam penanganan, pengolahan dan pengawetan bahan hasil pertanian, pengolahan serta penanganan limbah. Hal yang esensial pada Teknologi Pengolahan Pangan adalah memastikan bahwa produk yang dihasilkan adalah produk berkualitas dan aman mulai dari raw material sampai produk di tangan end user (konsumen). Hal tersebut memacu dunia bisnis dan industri pangan untuk menghasilkan produk pangan dengan keunggulan tertentu baik dari sisi kualitas yang tinggi, desain yang menarik, keamanan yang terjamin serta mempunyai harga yang bersaing. Hal tersebut harus direspon oleh siswa SMK dengan Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil pertanian yang belajar Food Technology untuk menguasai kompetensi tertentu.

Adanya LKS pada bidang Food Technology ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi, meningkatkan pemahaman siswa mengenai pembuatan produk, serta mempromosikan kompetensi siswa dalam mengolah produk.  LKS pada bidang Food Technology mengusung tema “Produk Olahan Makanan Kekinian yang Sehat dengan Menggunakan Umbi-Umbian Lokal” Peserta yang akan mengikuti LKS pada bidang  Food Technology berjumlah 15 siswa yang berasal dari SMKN 2 Tegalsari Banyuwangi, SMKN 4 Probolinggo, SMKN 1 Panji Situbondo, SMKN 1 Nguling Pasuruan, SMK Queen ZamZam Pasrepan Pasuruan, SMKN Kalibaru Banyuwangi, SMKN Wongsorejo Banyuwangi, SMKN 1 Grujugan Bondowoso, SMKN 1 Purwosari Pasuruan, SMKN 1 Tlogosari Bondowoso, SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso, SMK Ibnu Sina Banyuwangi, SMK Raudhatul Akbar Jember, SMKN 5 Jember, dan SMK Raudhatul Ulum Jember.

Pada hari pertama lomba bertempat di ruang kelas 12 Akuntansi 1, peserta lomba Food Technology mempresentasikan makalah tentang produk yang akan diolah, berapa banyak bahan yang diperlukan, teknologi yang akan dipilih untuk mengolah produk, serta menganalisis market share dilanjutkan sesi tanya jawab dalam waktu 20 menit. Setelah itu peserta diberikan waktu satu jam untuk istirahat.

Lomba Kompetensi Siswa pada bidang Food Technology dilanjutkan dengan persiapan bahan dan alat oleh peserta pada pukul 13.00, briefing peserta dan juri pada pukul 13.30, dan diakhiri dengan praktik pembuatan produk “ANTARA” yakni campuran bahan yang masih memerlukan tahap pengolahan sebelum menjadi produk ruahan pada pukul 14.00 dimana kegiatan ini bertempat di RPS SMK Negeri 1 Panji Situbondo.

Untuk selanjutnya diharapkan Lomba Kompetensi Siswa wilker 2 Jawa Timur yang diadakan di SMK Negeri 1 Panji Situbondo berjalan dengan lancar tanpa kendala. Serta siswa dapat memperoleh pengalaman baru dan dapat bersaing dengan dunia luar.

Write a Comment

Leave a Reply